oleh

Bawaslu Ajukan Fasilitas Penunjang Kepada Pemkot

Oleh : | Editor : Noviani Dwi Putri
Dibaca :376 kali | Durasi baca : 2 Menit

SWARAID-PALEMBANG, (27/01/2021): Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Palembang sambangi Rumah Dinas Walikota Palembang. Dalam pertemuan tersebut, Bawaslu Kota Palembang meminta dukungan fasilitas penunjang kinerja dari Bawaslu Kota Palembang.

Dimana dalam hal ini, Bawaslu mengajukan permintaan berupa bangunan Pemerintah Kota Palembang yang tak terpakai, diharapkan dapat dijadikan Kantor Bawaslu Kota Palembang, serta inventaris kendaraan dinas. Muhamad Taufik, SE, M.Si Ketua Bawaslu Kota Palembang menjelaskan bahwa pengajuan tersebut telah pula disetejui oleh Sekretaris Jenderal Bawaslu Pusat.

“Ya, kita koordinasikan kalau memang ada aset Pemerintah Kota Palembang bisa dipinjam pakai, ataupun dihibahkan ke Bawaslu Kota Palembang. Kita juga sudah mendapat izin dari Sekjen, untuk berkoordinasi dengan Pemerintah daerah terkait dengan penunjang fasilitas Bawaslu Kota Palembang.” Terangnya.

M. Taufik menjelaskan pengajuan fasilitas penunjang ini sangat penting, dimana saat ini status kewenangan dan kelembagaan dari Bawaslu yang saat ini telah permanen melalui terbitnya undang-undang (UU) nomor 7 tahun 2017 tentang pemilihan umum , dimana salah satu aspek pentingnya terkait permanennya Bawaslu Kota/Kabupaten, tidak hanya aktif disaat gelaran Pemilu atau Pilkada saja.

Baca Juga :  Raperda: Penambahan Modal Tirta Musi Senilai 800 Miliar

Selain itu, M Taufik menjelaskan hingga saat ini fasilitas seperti gedung yang digunakan menjadi kantor berstatus sewa, serta alat transportasi dinas yang belum mencukupi. Dimana hal tersebut dikarenakan keterbatasan APBN untuk pengalokasian Bawaslu Kota Palembang.

“Kalau kemarin cukup dari APBN kan karena untuk tahun 2021 ini keterbatasan anggaran, kalaupun misalnya nanti kita mendapatkan bantuan pinjam pakai barang ataupun aset untuk menunjang. Makanya kita butuh dukungan-dukungan itu untuk memperkuat lembaga kita.” Jelasnya.

Taufik menjelaskan dimana pengajuan yang dilakukan juga guna menyongsong Pemilihan Walikota Palembang yang akan terselenggara di tahun 2023 mendatang.

“Harapan kami, Bawaslu Kota Palembang dengan keterbatasan dan kendala yang kita miliki ini, mungkin dari pihak Pemerintah Kota Palembang juga bisa memberikan perhatian dan bantuannya demi kelancaran dan juga menunjang kinerja Bawaslu Kota Palembang yang juga dalam persiapan misalnya untuk menyongsong pelaksanaan pilkada ataupun Pemilu nantinya.”

Di lain pihak, walikota Palembang H. Harnojoyo menanggapi pengajuan dari Bawaslu kota Palembang, menuturkan akan menindak lanjuti dengan mengintruksikan kepala BPKAD kota Palembang untuk menginvetariskan aset yang digunakan berupa kendaraan operasional, untuk diguna pakai Bawaslu Kota Palembang.

Baca Juga :  Kecamatan Plaju Terpilih Menjadi Proklim Utama

“Terkait pengajuan Bawaslu secepatnya kita tindak lanjuti, tadi saya interuksi kan untuk Kepala BPKAD menginvetariskan beberapa kendaraannyan untuk di pinjam pakai Bawaslu Kota guna menunjang kinerja mereka.” Pungkas Harno.

 

 

UMKM Kito - Solusi UMKM Go-Online

Komentar

Berita Lainya