oleh

Kunker Komisi V DPR-RI, Bantu Kebut Pemenuhan Kebutuhan Air Bersih di kota Palembang

Oleh : | Editor : Noviani Dwi Putri
Dibaca :316 kali | Durasi baca : 2 Menit

SWARAID-PALEMBANG, (15/02/2021): Kunjungan kerja reses Komisi V DPR RI ke Kantor PDAM Tirta Musi, dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi V DPR RI Syarif Abdullah Alkadrie. Dalam kunjungannya mendengarkan pemaparan upaya dari PDAM Tirta Musi dalam upaya pemenuhan kebutuhan air bersih di kota Palembang. Dimana Syarif Abdullah Alqadrie menyebutkan komisinya akan membantu percepatan realisasi pemenuhan kebutuhan air bersih yang ditargetkan oleh PDAM Tirta Musi.

“Ya sekarang kan masih ada kekurangan-kekurangan lah. perlu juga bantuan dana ya. Support dana daripada pemerintah pusat yang sifatnya hibah. Nah itu nanti domain kita nanti coba kita nanti kemampuan fiskal kita, ya.” Sebutnya.

Lebih lanjut, Syarif Abdullah Alkadrie yang merupakan politisi Partai Nasdem mengungkapkan saat ini kondisi keuangan PDAM Tirta Musi masuk dalam kategori sehat, meski demikian masih perlu dukungan dana dalam pemenuhan kebutuhan air bersih yang terfokus pada wilayah palembang timur.

“Saya kira sudah baik, berjalan. Cuma memang kemampuan dananya. Mereka tinggal support daripada pemerintah pusat. Ya wajarlah dalam rangka untuk memberikan percepatan kenikmatan air.” Ungkapnya.

Baca Juga :  Belasan Pengendara Motor di Tilang Pada Hari Pertama Operasi Zebra Musi 2020

Di lain sisi, reses kunker yang dilakukan oleh Komisi V DPR RI disambut baik oleh Pemerintah Kota Palembang yang diwakili oleh Sekda Kota Palembang, Drs. Ratu Dewa, M.Si.

Ratu Dewa mengharapkan Komisi V DPR RI dapat mendorong percepatan dari Kementerian Pekerjaan Umum (PU) dalam membantu dan mem-back up kebutuhan dari PDAM Tirta Musi melalui Balai Sungai dan Balai Jalan. Serta Ratu Dewa menyebutkan pertemuan ini juga dalam rangka menggali potensi dana APBN yang diterima Pemerintah Kota untuk dialokasikan ke PDAM Tirta Musi.

“Kita mengharapkan dari Komisi V, Kementerian PU agar bisa membantu dan mem-back up untuk lebih mensehatkan kembali PDAM ke depan. Tentunya melalui Balai Sungai, Balai Jalan. Juga dalam rangka kita ingin menggali potensi dana-dana APBN yang bisa diberikan kepada Pemerintah Kota dalam hal ini khususnya kepada perusahaan daerah PDAM.” Terangnya.

Lebih jelas, Direktur Utama Perumda Tirta Musi Palembang, Andi Wijaya menyebutkan pihaknya saat ini tengah menunggu kepastian dari dana APBN yang diterima Pemerintah Kota untuk PDAM Tirta Musi. Menurut Andi, dana APBN tersebut akan dialokasikan pembangunan intake dan instalasi air dalam memenuhi kebutuhan air yang terkhusus Palembang bagian timur, selain juga dana tersebut akan dialokasikan pembangunan jaringan distribusi utama yang ditargetkan selesai di tahun 2022, yang dapat memenuhi kebutuhan air bersih sebanyak 12.000 pelanggan.

Baca Juga :  Jelang Ramadhan, Bulog Sumsel Siapkan 14 Ton Stok Daging

“Sehingga tidak ada keterlambatan, sehingga masyarakat kota Palembang ini sekarang sudah nunggu-nunggu, terutama yang di Palembang timur yang akan dibangun intake dan IPA di tahun 2022 sebesar 250 liter perdetik.
Sedangkan untuk 2021, dana APBN yang diterima mungkin sekitar 50 miliar, itu hanya untuk lanjutan intake Gandus, yang mana pembangunan tersebut selama tiga tahun dan ini adalah tahun ketiga.” Jelasnya.

UMKM Kito - Solusi UMKM Go-Online

Komentar

Berita Lainya