oleh

Team Tiger ! AKP Robert : “Sikat Habis” Pelaku Kejahatan

Oleh : | Editor : Noviani Dwi Putri
Dibaca :237 kali | Durasi baca : 2 Menit

SWARAID-PALEMBANG, (30/01/2021): Mapolrestabes Palembang memiliki Tim Tiger Opsnal Unit Pidum Satreskrim yang dikenal berani dan tak pandang bulu disaat menumpas bermacam tindak kejahatan tepatnya di kota Palembang sendiri.

AKP Robert P Sihombing, SH., MH salah satu personil yang saat ini menjabat sebagai Kanit Pidana Umum (Pidum) Polrestabes Palembang, selain dikenal sering gonta-ganti warna rambut jug sangat terkenal garang namun berhati lembut. Ia memiliki perjalanan yang panjang meniti karir sebagai anggota polisi. Perjalanan itu dimulai pada tahun 1993 saat dirinya mengikuti test Secaba dan diterima menjadi anggota Polri.

“Cita-cita saya dari kecil memang ingin menjadi seorang polisi, karena waktu dulu saya sering menonton di tv bahkan melihat langsung aksi seorang polisi menangkap pelaku kejatahan, maka dari itu saya terinspirasi.” Kata Robert.

Pria kelahiran Agustus 1972 itu kini sangat disegani dan ditakuti para pelaku kejahatan khusunya 3C (curas, curat, curanmor) yang ada di kota Palembang. Seperti kata-kata atau ucapan yang sering keluar dari mulutnya yaitu “Sikat Habis” apabila ada pelaku kejahatan meresahkan warga Kota Palembang.

Baca Juga :  Polisi Lumpuhkan "Bajing Loncat" Dengan Timah Panas

“Tugas seorang Polisi ialah mengayomi dan melindungi masyarakat, karena sebuah amanah telah diberikan kepada saya khususnya, jadi bagi para pelaku kejahatan yang meresahkan bahkan melakukan saat hendak ditangkap, saya tidak akan segan-segan melumpuhkan dan memberikan tindakan tegas yang terukur.” Tegas Robert.

Ia menuturkan, bahwa pada tahun 2009 ia berhasil lulus Secapa Polri dan menjabat Kanit Pidum Polrestabes Palembang. Banyak penghargaan yang didapat atas kerja kerasnya mengungkap beberapa kasus menonjol yang terjadi.

“Saya lulus Secapa di tahun 2009 dan langsung diberikan amanah menjabat menjadi Kanit Pidum, yang saat itu saya masih berpangkat Inspektur Dua (IPDA).” Ujar Robert.

Tambahnya, menjadi Kanit Pidum merupakan tantangan yang berat yang harus di embannya karena tanggung jawabnya lumayan beresiko.

“Menjabat jadi Kanit Pidum merupakan tantangan tersendiri bagi saya untuk menangkap satu persatu pelaku kejahatan di kota Palembang khususnya.” Jelas Robert.

Seiring berjalannya waktu, satu demi satu kasus pun terungkap, mulai dari kasus pembunuhan, 3C, penipuan, bahkan pelaku hipnotis pun berhasil diringkusnya.

Baca Juga :  Musim Jambret ! Kali Ini Korbannya Seorang Ibu Hamil

“Modal utamanya jelas sebuah ketekunan, mulai dengan terjun bertugas untuk mengumpulkan bukti-bukti yang ada dan memeriksa saksi di lapangan. Dari sanalah akan mengerucut ke nama pelaku, setelah identitas pelaku diketahui baru lah kita mengendus keberadaan pelaku dan meringkusnya.” Ungkap Robert.

Sebagai pimpinan, Robert pun menambahkan hal yang selalu terus diingatkan kepada anggotanya, yakni sebelum melaksanakan tugas dilapangan, agar tetap selalu waspada dan berhati-hati saat hendak melakukan penangkapan.

“Hal yang selalu saya ingatkan kepada seluruh anggota saya, harus tetap waspada dan berhati-hati saat melakukan penangkapan. Yang terakhir pula penting selalu menjalankan tugas sesuai SOP penangkapan yang berlaku dan lengkap dengan surat perintah, yang pastinya juga jangan lupa berdoa.” Tutup Robert saat berbincang kepada para awak media di Mapolrestabes Palembang.

UMKM Kito - Solusi UMKM Go-Online

Komentar

Berita Lainya