oleh

Trend Positif Franchise, Peluang Serapan Tenaga Kerja di Palembang

Oleh : | Editor : Noviani Dwi Putri
Dibaca :153 kali | Durasi baca : 1 Menit

SWARAID-PALEMBANG, (02/04/2021): Franchise atau waralaba yang merupakan salah satu jenis bisnis yang bersifat pendistribusian produk seluas-luasnya dengan tetap satu brand meski dikelola perorangan. Wabah virus covid-19 yang terjadi awal tahun 2020 setidaknya telah memukul segala sektor perekonomian tak terkecuali pada bisnis waralaba.

Setidaknya seperti di kota Palembang, tak sedikit usaha waralaba besar yang tak mampu menghadapi situasi pandemi covid-19 saat ini yang begitu menyekat ruang gerak perekonomian.

Meskipun begitu, sebagian yang mampu bertahan di situasi pandemi covid-19 hingga di tahun 2021 ini, besar harapan mampu menjadi satu instrumen pada komponen pemulihan ekonomi di kota Palembang.

Seperti disampaikan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Palembang, Akhmad Mustain menyebutkan Palembang sebagai salah satu kota metropolitan, saat ini Pemerintah Kota Palembang berusaha untuk dapat menghadirkan bisnis waralaba berskala nasional.

“Kalau yang terilihat saat ini, pasca covid sudah mulai bergerak (usaha waralaba). Sekarang kita tuh sangat mengharapkan ya, pelaku-pelaku usaha di kota Palembang itu berani dalam artian mengambil franchise karena kan biasanya usaha itu kan sifatnya bisnisnya sudah jelas.” Ungkapnya.

Baca Juga :  Ironi Manusia Boneka Lampu Merah

Salah satu yang menjadi indikator peluang besar untuk kembali menggeliatkan usaha waralaba di kota Palembang, dengan dorongan Pemkot Palembang mensukseskan program vaksinasi massal dengan target herd immunity (kekebalan kelompok).

Seperti yang dibeberkan oleh Akhmad Mustain, pasca pandemi Covid-19 pada sektor waralaba dengan produk makanan pertumbuhannya di Palembang dalam trend positif, tentu dengan itu setidaknya akan membuka peluang bagi serapan tenaga kerja baru di kota Palembang.

“Sekarang kan bertumbuh banyak juga misalnya franchise makan-makanan itu sudah banyak juga yang berkembang di kota Palembang. Kita mendukunglah kita men– support terkait dengan bagaimana pelaku usaha itu bisa apa berupaya mengembangkan franchise yang ada di tempat lain di tempat kita.”

Komentar

Berita Lainya