oleh

TPU Gandus Hills Akan Disulap Menjadi Pemakaman Elit

Oleh : | Editor : Noviani Dwi Putri
Dibaca :104 kali | Durasi baca : 2 Menit

Menurut  Pemkot, dilihat dari aspek lingkungan, lokasi TPU Gandus Hills berpotensi dan layak untuk dibuat pemakaman elit

SWARAID-PALEMBANG, (27/08/2021): Pemerintah Kota Palembang wacanakan akan menyulap TPU Gandus Hills menjadi pemakaman elit di kota Palembang, menyerupai pemakaman San Diego Hills Memorial Park and Funeral Homes, di Kabupaten Karawang Jawa Barat.

Rencana tersebut dibeberkan oleh Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Dinas Perkimtan) melalui Kasi Pemakaman, Gina Primadona.

Gina Primadona mengungkapkan wacana ini sempat terlintas, sebab ketersediaan lahan di TPU Gandus sangat mumpuni bila diproyeksikan menjadi pemakaman elit di kota Palembang.

Meskipun demikian, kata Gina bila wacana ini terealisasi akan tidak mungkin bila menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Sebab menurutnya perlu ada pihak ketiga atau investor yang berniat untuk menggarapnya.

“Ini baru wacana saja, karena tentunya butuh dana dan persiapan yang matang,” katanya.

Menurutnya, bila dilihat dari aspek lingkungan, lokasi TPU Gandus Hills ini memang sangat berpotensi dan layak untuk dibuat pemakaman elit.

Baca Juga :  Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya Tahun Ini Naik Jadi 20 Juta

Pasalnya TPU Gandus memiliki lahan yang kering, serta masih hijau dan sepi. Gina menjelaskan secara total TPU Gandus Hills memiliki luas mencapai 5 hektare. Meski sebagian sudah digunakan untuk pemakaman Covid-19 yaitu mencapai 2 hektare.

“Sampai saat ini memang belum ada komplek pemakaman elit di Kota Palembang,” ujarnya.

Dia mengakui pilot projects dengan konsep seperti San Diego Hills sejauh ini terdapat di dua TPU yakni TPU Kebun Bunga dan TPU Sako. Kedua TPU ini sudah tidak menggunakan nisan lagi, hanya berbentuk plakat dan rumput.

Hanya saja kapasitas TPU tersebut sudah penuh dan sangat sulit untuk ada penambahan lahan lagi mengingat permukiman yang sudah padat menjepit area pemakaman.

Tak hanya kedua TPU tersebut, hampir semua TPU di Kota Palembang saat ini sudah mencapai 90 persen ke atas tingkat ketersediaannya. Oleh sebab itu, pihaknya saat ini masih fokus untuk membenahi TPU yang ada di kota Palembang.

Seperti melakukan penambahan lahan sehingga tidak terjadi penumpukan lubang. Menurutnya, penumpukan lubang ini yang dapat menghilangkan jejak makam sebelumnya.

Baca Juga :  Abdul Rizal : PD Pasar Telah Capai Target Kontribusi Pada PAD Kota Palembang

“Untuk mengatasi padat TPU di Palembang, kami sudah menyiapkan dua TPU baru tapi memang belum difungsikan,” tutupnya.

UMKM Kito - Solusi UMKM Go-Online

Komentar

Berita Lainya