28 Juni 2022 - 00:24 WIB | Dibaca : 247 kali

Libur Telah Tiba! Ingat Beberapa Hal Ini Sebelum Berwisata ya

Laporan :
Editor : Noviani Dwi Putri

Menikmati liburan bersama keluarga tentu menyenangkan dan bisa mempererat keakraban antar anggota keluarga, namun jangan abai terhadap faktor keselamatan

SWARAID, PALEMBANG: Libur panjang akhirnya tiba setelah para siswa menerima rapor hasil evaluasi semester genap sebelum memulai tahun ajaran baru 2022/2023.

Liburan panjang lazimnya dimanfaatkan sebagian besar orang untuk berwisata bersama keluarga baik di dalam maupun luar kota.

Kolam renang menjadi pilihan favorit, terlebih saat ini sudah banyak pengelola yang menyediakan berbagai fasilitas yang menarik pengunjung.

Menikmati liburan bersama keluarga tentu menyenangkan dan bisa mempererat keakraban antar anggota keluarga, namun jangan abai terhadap faktor keselamatan.

Masih jelas diingatan insiden yang menghebohkan di tahun ini. Kejadian rubuhnya perosotan di salah satu tempat wisata air di Surabaya yang memakan korban.

Tentu kita tak ingin, momen bahagia bersama keluarga menjadi suram lantaran hal yang tidak diinginkan.

Bagi Anda yang berencana mengajak keluarga berlibur ke tempat wisata air jangan abaikan beberapa hal berikut;

1. Mengutamakan keselamatan

Pemilihan lokasi yang tepat tentu hal yang paling utama. Bukan hanya perihal harga tiket masuk yang menjadi pertimbangan. Pastikan tempat yang Anda kunjungi dikelola dengan baik dan mengutamakan faktor keselamatan. Pastikan pengelola tidak abai mengawasi para pengunjung yang sedang berenang

Baca Juga :  Transformasi Digital Perpusnas; Upaya Menyediakan Ruang Pembelajaran Baru

2. Fasilitas masih layak digunakan

Sebelum mulai menggunakan fasilitas yang ada, pastikan Anda yakin bahwa wahana yang tersedia masih layak digunakan. Wahana yang tersedia terlihat masih kokoh dan terawat.

3. Hindari terlalu ramai menggunakan fasilitas

Meskipun terlalu bersemangat, namun kehati-hatian tetap harus dijaga. Berkumpul dengan jumlah orang yang banyak di atas perosotan misalnya, hal ini tentu memberi beban berat dan dapat mengakibatkan jebol ataupun ambruk.

4. Awasi anak-anak

Meskipun tempat wisata yang Anda kunjungi mempekerjakan pengawas yang bertugas memantau pengunjung, namun usahakan orang dewasa tetap memantau anak-anak.

5. Ingat waktu

Anak-anak biasanya akan lupa waktu jika berwisata, terutama di wahana air. Namun para orang tua harus ingat, terlalu lama di air tentu memberi efek kurang baik. Kulit keriput hingga eksim, kedinginan, masuk angin yang ditandai dengan mual, pusing, dan meriang.

6. Jaga barang bawaan

Tidak hanya keselamatan saat bermain di wahana, keselamatan barang-barang bawaan juga harus diperhatikan. Manfaatkan jasa penitipan barang jika tersedia, jika tidak maka satu dari anggota keluarga harus rela menjaga barang bawaan.

Baca Juga :  Jembatan Musi VI Bakal Jadi Destinasi Wisata Baru di Kota Palembang

7. Patuhi aturan

Mematuhi peraturan yang dibuat pengelola tempat wisata adalah kewajiban bagi setiap pengunjung. Semua yang telah diatur oleh pengelola tentu untuk kebaikan bersama.

Selamat berlibur.

Komentar