oleh

Terbesar di Indonesia ! Menpan RB Resmikan MPP Kota Palembang

Oleh : | Editor : Noviani Dwi Putri
Dibaca :296 kali | Durasi baca : 2 Menit

SWARAID – PALEMBANG, (28/11/20) : Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo, bersama Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru dan Walikota Palembang H. Harnojoyo resmikan Mal Pelayanan Publik (MPP) di kota Palembang yang merupakan Mal Pelayanan Publik terbesar di Indonesia.

MPP Kota Palembang ini menjadi yang ke-30 di Indonesia, berada di wilayah prioritas pembangunan kota Palembang. MPP ini menyediakan pelayanan sebanyak 373 jenis pelayanan dari 28 instansi pemerintahan. Hal inilah yang pada akhirnya menjadikan MPP Kota Palembag dengan pelayanan terbanyak dan fitur fasilitas terlengkap dan berbeda dari MPP  lainnya karena menjadi pertama yang melayani perpanjangan SIM dan STNK Drive thru.

Mal yang berada di Jalan Gubernur H. Bastari, Jakabaring ini pada awalnya dirancang untuk menjadi pusat UMKM Kota, bahkan sempat pula menjadi kantor Satpol PP dan menjadi Kantor Dinas Pariwisata, dan terakhir dipakai sebagai Gedung Media Center Asian Games dan barulah pada awal 2020 beroperasi sebagai MPP secara bertahap.

Baca Juga :  Rekor ! Palembang Jadi Penerima Opini WTP 10 Kali Berturut-turut

Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB)  Tjahjo Kumolo yang menandatangani prasasti MPP  Kota Palembang. Dalam peresmian tersebut menyampaikan apresiasi terhadap Pemerintah Kota Palembang yang memberikan pelayanan terbesar dan terbanyak skala nasional. Tjahjo Kumolo juga menyampaikan bahwa kementeriannya  akan terus mendukung dan mendorong adanya pelayanan publik yang cepat dan terintegrasi sebagai bentuk reformasi birokrasi yang menjadi visi misi Presiden RI.

Selain itu, Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru  menyampaikan rasa banggaannya kepada Pemerintah Kota Palembang yang menyediakan pelayanan publik dengan membangun MPP Kota Palembang diharap dapat melayani dengan cepat dan terintegrasi.

“Saya sangat mengapresiasi kinerja Pemerintah Kota Palembang serta Dinas Perizinan yang telah membuat terobosan di saat masa pandemi ini, bukan berarti tidak produktif. Justru menggelontorkan pelayanan yang sangat komprehensif.” Sanjungannya.

Herman Deru juga menambahkan bahwa dirinya menyarankan untuk seluruh pelayanan kota dan kabupaten di seluruh Sumsel untuk membuka outlet pelayanan di MPP kota Palembang. Hal ini di harapkan agar para pengguna pelayanan seperti investor dari luar daerah dapat dengan mudah melakukan proses perizinan tanpa harus melakukannya di daerah.

Baca Juga :  Pemkot dan BPOM Kota Palembang Kuatkan Kemitraan Kawal Mutu Produk

“Orang hanya perlu datang ke satu titik, juga selesai di satu titik. Yang sudah dijanjikan Walikota percepatan pelayanan tidak hanya cepat, tapi juga tepat.”

Selanjutnya Walikota Palembang H. Harnojoyo menyampaikan bahwa tujuan Pemerintah Kota dalam menyediakan MPP dengan menjadi yang terbesar sebagai bentuk dalam memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat.

“Pada prinsipnya pelayanan ini memberikan yang terbaik. dalam sambutan kami bukan hanya gedungnya yang besar, bukan hanya pelayanan yang hampir lengkap, tetapi bagaimana memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.” Jelas Harno kepada SWARAID.

Selain itu kepala dinas penanaman modal dan pelayanan terpadu satu pintu (DPMPTSP) kota Palembang Dr. Akhmad Mustain, STP., M.Si menyambung arahan yang disampaikan gubernur Sumatera Selatan, agar nantinya MPP kota Palembang bisa mengakomodir DPMPTSP kabupaten di seluruh Sumsel. Pihaknya menuturkan siap untuk hal itu.

” Kami siap untuk mengakomodir itu, dengan potensi luas area masih sangat memungkinkan dan mekanisme nya akan kami bicarakan lagi dalam hal ini DPMPTSP provinsi Sumatera Selatan bagaimana apabila rekan rekan dari DPMPTSP lainnya di sumatera selatan bisa bergabung memberikan lanyanan disini.” Tutupnya.

Komentar

Berita Lainya