oleh

DPMPTSP Kota Palembang Berinovasi Lewat Mal Pelayanan Publik

Oleh : | Editor : Noviani Dwi Putri
Dibaca :365 kali | Durasi baca : 2 Menit

SWARAID – PALEMBANG, (04/11/2020): Komitmen Pemerintah Kota Palembang dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, salah satunya yang tergambar dengan adanya Mal Pelayanan Publik (MPP) Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Palembang dengan mengintegrasikan semua jenis pelayanan perizinan yang ada di kota Palembang.

Wong Palembang butuh apo be, cukup ke MPP Palembang Kota Palembang.” Jelas Dr. H. Akhmad Mustain, S.STP., M.Si Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Palembang.

Selain itu, DPMPTSP Kota Palembang juga terus berinovasi dimana segala pelayanan bisa dilakukan dengan digitalisasi. Terakhir  DPMPTSP mengeluarkan empat inovasi terbaru yang konsepnya terinspirasi dari tuntutan era digital. Empat inovasi terbaru dari DPMPTSP Kota Palembang diantaranya, Pengen Ambek Kito Ado Layanan Antar (PEMPEK ADAAN), Boleh Tanya Langsung Komunikasi Jaringan (BOLU KOJO), Cetak Mandiri (CEK MAN), dan Balekke Asak Ado Tunggakan ( BELAGAK).

“Adapun inovasi yang kami lakukan dalam rangka konsep perizinan, konsep pelayanan  publik itu menyesuaikan zaman. Sekarang era digital dimana pemberi layanan dan penerima lanyanan tidak mesti melakukan tatap muka secara langsung, sudah bisa menggunakan digital.” Terang Mustain kembali kepada SWARAID.

Baca Juga :  Indeks Persepsi Korupsi Indonesia Satu Level Dengan Gambia ! Apa Sebab?

Dilansir dari situs resmi DPMPTSP Kota Palembang, berikut keterangan rinci dari 4 inovasi terbaru yang dikembangkan oleh DPMPTSP Kota Palembang;

1. Layanan PEMPEK ADAAN (Pengen Ambek Perizinan Kito Ado Lanyanan Antar)

Sebagai lanyanan opsional yang diberikan DPMPTSP Kepada pemohon perizinan, dimana apabila SK perizinan telah selesai, namun pemohon tidak memiliki waktu untuk mengambil, pemohon bisa menggunakan fitur Pempek Adaan.

Pempek Adaan yang berkejasama dengan Gojek sebagai penyedia jasa antar berkas, dengan menggunakan fitur gosend, juga sebagai upaya menghindari terjadinya penyebaran virus Covid-19.

Namun dalam penggunaan pelayanan ini ada beberapa yang harus diperhatikan secara teknis;

  • Pemohon akan menerima SMS dari DPMPTSP berupa link, dimana berisi proses pengantaran berkas SK perizinan    melalui fitur gosend
  • jika pemohon setuju, DPMPTSP akan melanjutkan pemesanan (order gosend)
  • Biaya pengiriman akan menjadi tanggungan dari DPMPTSP

Pelayanan  beroperasi setiap hari  Senin hingga Jumat mulai pukul 09:00- 14:00 WIB.

2. Layanan BOLU KOJO (Boleh Tanya Langsung Dengan Komunikasi Jaringan)

Baca Juga :  Ramadhan Sebentar Lagi ! Bagaimana Tarawih Tahun Ini?

Sebagai inovasi selanjutnya yang dikembangkan oleh DPMPTSP kota Palembang adalah lanyanan interaksi tanya jawab mengenai pengurusan perizinan dan non perizinan yang ada di DPMPTSP kota Palembang yang dilakukan via WhatsApp.

Layanan yang sebenarnya adalah pengembanagn pelayanan Kumon dengan interaksi tanya jawab via Yahoo, kini dengan penggunaan WhatsApp dan zoom sebagai aplikasi pesan yang banyak digunakan, DPMPTSP merombak pelayanan yang dahulu menggunakan Yahoo kini menggunakan WhatsApp dan zoom sebagai media tanya jawab. Sebagai bentuk adaptasi kemajuan teknologi yang dilakukan oleh DPMPTSP Kota Palembang dalam memberikan pelayanan maksimal kepada pelaku usaha.

3. Layanan BELAGAK (Baleke Asak Ado Tunggakan)

Adalah pelayanan di mana pengecekan secara virtual melalui link resmi dari DPMPTSP sebagai pendaftaran perizinan yang harus menginput NPWP, dan apabila terdapat tunggakan perpajakan, maka secara otomatis pengisian data perizinan secara otomatis tidak bisa dilanjutkan.

4. Layanan CEK MAN (Cetak Mandiri)

Pelayanan Terpadu DPMPTSP terakhir merupakan, pelanyanan dimana SK perizinan tertentu dapat dicetak langsung oleh pemohon. Dengan cara DPMPTSP mengirim file SK perizinan tertentu  via email.

Baca Juga :  Sepeda Kesayangan Raib Dicuri, Pemilik Lapor ke Polisi

Tidak hanya terhenti disitu, DPMPTSP Kota Palembang juga terus mengembangkan pelayanan yang diberikan. Kedepan ada dua inovasi yang akan dibangun, diantaranya Ruang Konsultasi berbasis IT, yaitu pertemuan antara pemohon perizinan dengan OPD teknis direkam secara digital sebagai bentuk transparansi DPMPTSP Kota Palembang dalam pemberian pelayanan, selain itu DPMPTSP Kota Palembang juga menyiapkan photobooth gratis di Mal Pelayanan Publik yang diperuntukan kepada pemohon perizinan. Photobooth ini juga akan langsung terdistribusikan ke seluruh loket pelayanan di MPP.

“Kedepannya  kami akan terus memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat di Mal Pelayanan Publik Kota Palembang.” Tutup Mustain.

Komentar

Berita Lainya