oleh

Sekda dan Tim Pengawas Evaluasi TMMD Tinjau Progres Pembangunan Jalan

Oleh : | Editor : Noviani Dwi Putri
Dibaca :218 kali | Durasi baca : 2 Menit

SWARAID-PALEMBANG, (18/03/2021): Kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-110 tahun anggaran 2021 Kodim 0418 kota Palembang di Kampung Jawi, Kelurahan Sei Selincah, Kecamatan Kalidoni. Ini merupakan program sinergi antara Kodim 0418 dengan Pemkot Palembang.

Dengan tema “TMMD Bersinergi Membangun Negeri”, setidaknya terdapat 11 target sasaran pembangunan fisik. Dimana pembangunan ini diproyeksikan guna memudahkan mobilitas masyarakat Kampung Jawi, seperti pada halnya pada target sasaran pembangunan dan pelebaran jalan sepanjang 750 meter yang berlokasi pada areal tengah sawah warga. Tentu dengan pembangunan tersebut akan memudahkan masyarakat guna beraktivitas dan membawa keluar hasil panen karena mayoritas warga Kampung Jawi merupakan petani padi.

Sekretaris Daerah Kota Palembang, Ratu Dewa yang datang bersamaan dengan tim pengawas dan evaluasi TMMD meninjau langsung progres pembangunan jalan sepanjang 750 meter tersebut. Ratu Dewa memberikan apresiasi atas semangat prajurit TNI dalam membangun Desa Kampung Jawi.

“Saya kira ini cukup membantu warga di Palembang, khususnya di Kelurahan Sungai Selincah Kalidoni dalam upaya menggeliatkan perekonomian masyarakat.”

Baca Juga :  DPRD Sumsel Laporkan Hasil Reses Tahap II ke Pemerintah Kota Palembang

Tak hanya itu, Sekda Kota Palembang Ratu Dewa juga menyampaikan dalam waktu dekat juga akan berkoordinasi dengan pihak Pemerintah Kabupaten Banyuasin, sebab pembangunan jalan sepanjang 750 meter tersebut juga akan menjadi akses penghubung utama dari warga kota Palembang dan Kabupaten Banyuasin yang berada di Kampung Jawi.

“Setelah ini saya langsung koordinasi dengan Sekda Banyuasin. Nanti saya akan langsung action, biar cepat dia menganggarkan (pembangunan guna penghubung Palembang dan Banyuasin).” Ungkapnya.

Tak hanya itu, Ratu Dewa juga menyebutkan setelah berkoordinasi dengan Dinas PUPR Kota Palembang juga akan mengoptimalkan kembali pembangunan jalan tersebut, yang mana pemerintah akan lakukan pengecoran jalan penghubung tersebut.

“Tadi sudah dapat laporan dari Pak Kadis PU, dalam waktu dekat segera akan ada pengecoran, termasuk ini nanti, jembatan juga. Tinggal ke depan kita nunggu pak Dandim, titik mana lagi yang perlu kita kerjasamakan dalam rangka TMMD ini.” Ungkap Ratu Dewa.

Sementara itu, ketua tim pengawas dan evaluasi TMMD Brigadir Jenderal Edi Santoso, menyampaikan bila pengerjaan pembangunan fisik TMMD di Kampung Jawi akan selesai secara menyeluruh dalam waktu hingga akhir Maret mendatang. Brigjen Edi Santoso juga menyampaikan output yang akan dihasilkan dari TMMD guna meningkatkan mobilitas warga setempat.

Baca Juga :  Amir Iskandar Ketua LMND Palembang Ditangguhkan Penahanannya

“Jembatan ini bisa digunakan untuk jalan transportasi kendaraan bahkan untuk roda empat, serta bisa membantu masyarakat untuk pengangkutan hasil panen, kemudian membantu anak-anak sekolah yang lewat biasanya nyeberangnya kesulitan karena jembatan yang kurang bagus.” Ungkapnya.

Tak hanya itu, menyambung yang disampaikan Sekda terkait koordinasi dengan Pemkab Banyuasin, begitu juga yang disampaikan Brigjen TNI Edi Santoso dimana pihaknya juga akan berkoordinasi dengan Dandim Kabupaten Banyuasin guna merealisasikan sinkronitas antara kota Palembang dan kabupaten Banyuasin.

“Kita akan berkoordinasi dengan Dandim Banyuasin, serta nanti akan menyarankan pada Pemkab Banyuasin, mudah-mudahan bisa segera terealisasi mungkin melalui tidak menunggu TMMD, tetapi dengan karya bakti.” Ungkap Brigjen TNI Edi Santoso.

Terlebih dampak pembangunan fisik TMMD di Kampung Jawi sangat dinikmati oleh Rahman, dimana dirinya yang merupakan warga Kampung Lingkis (Kabupaten Banyuasin) dalam hal ini yang berbatasan langsung dengan Kampung Jawi (kota Palembang), keseharian selalu melintasi area tersebut.

“Terimakasih atas pembangunan jalan di sini, karena selama ini kami kadang kebanjiran, dan sekarang jalannya udah bagus. Harapannya ya tolonglah untuk ke depannya gitu mungkin untuk jalan di Kampung Lingkis bisa bagus juga jalannya. Untuk dibangun oleh Pemerintah Banyuasin.” Ungkapnya.

UMKM Kito - Solusi UMKM Go-Online

Komentar

Berita Lainya