oleh

Salah Satu Pasien Covid-19 B117 Berdomisili di Palembang, Begini Sikap Ratu Dewa !

Oleh : | Editor : Noviani Dwi Putri
Dibaca :1.086 kali | Durasi baca : 2 Menit

SWARAID-PALEMBANG, (12/03/2021): Setelah Kementerian Kesehatan RI menginformasikan masuknya Covid-19 variasi baru B117, dimana salah satu pasien covid-19 B117 terkonfirmasi positif yang merupakan mutasi Inggris, berada di kota Palembang. Sekretaris Daerah Kota Palembang Ratu Dewa mengimbau untuk terus mematuhi prokes ketat untuk seluruh masyarakat Palembang.

Ratu Dewa menyampaikan telah mengintruksikan seluruh jajaran untuk mensosialisasikan kepada masyarakat untuk mewaspadai penyebaran covid-19 variasi B117 dengan tetap mematuhi prokes.

“Saya sih bukan lagi sifat imbauan sebenarnya karena kita punya grup dari kecamatan termasuk OPD. sudah tiga hari yang lalu saya sudah minta dan menginstruksikan ke seluruh jajaran yang ada di tingkat bawah mulai dari Kepala Dinas, termasuk perusahaan daerah, camat, lurah, sampai ke RT. Pertama saya katakan untuk segera disosialisasikan dan mewaspadai terhadap varian baru (Covid-19).”

Tak hanya itu, lebih lanjut Ratu Dewa juga menyampaikan pada Satgas covid-19 di kota Palembang untuk lebih proaktif dalam pelaksanaan 3T (tracing, testing, treatment). Bila terdapat temuan gejala-gejala terhadap covid-19 varian baru, ia menginstruksikan untuk langsung menjemput.

Baca Juga :  Wartawan di Lingkungan Pemkot Palembang Divaksin Hari ini

“Termasuk Puskesmas segera proaktif, kalaupun ada gejala-gejala terhadap varian baru itu, langsung jemput bola dan segera dibawa ke Puskesmas terdekat. Kalaupun puskesmas masih belum bisa menampung. Bisa langsung membawa ke Rumah Sakit Bari.” Pungkasnya.

“Itu saya semalam sudah koordinasi juga dengan Dirut Rumah Sakit BARI. Dan sudah siap standby khususnya warga Palembang.” Tambahnya.

Tak hanya itu, Ratu Dewa juga menyampaikan terkait telah disiapkannya pos komando per kelurahan di kota Palembang, guna meningkatkan pemantauan terhadap penyebaran virus Covid-19.

“Segera optimalisasi terhadap peran daripada pos komando itu. Sehingga bisa tau dengan RT setempat dengan Babinsa, Babinkamtibmas yang namanya tracking, tracing, dan testing itu memang benar dilaksanakan di lapangan.”

Terlepas hal tersebut, terkait kepatuhan protokol kesehatan, Ratu Dewa menyampaikan untuk tetap mengindahkan Peraturan Walikota no.27 tahun 2020 tentang adaptasi kebiasaan baru.

“Kalau untuk protokol kesehatan saya sudah minta dengan Satpol PP supaya dibagi zona-zona, umpamanya zona dari Seberang Ulu, Seberang Ilir, termasuk wilayah-wilayah tertentu, ada timnya cepat gabungan. Termasuk di sana ada Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, termasuk anggota TNI, Polri yang tergabung.”

Baca Juga :  Penyerahan Bantuan, Pemkot Dukung Penuh Sekolah Filial

“Saya lihat sudah dijalankan, tinggal memang optimalisasi di lapangan, artinya optimalisasi itu bagaimana lebih aktif mengadakan razia-razia. Baik itu di pusat-pusat perbelanjaan, di tempat-tempat pernikahan, dan lain sebagainya.” Tambahnya.

UMKM Kito - Solusi UMKM Go-Online

Komentar

Berita Lainya