oleh

Dinkes Kota Palembang dan RS Siloam Bersinergi Vaksinasi Lansia

Oleh : | Editor : Noviani Dwi Putri
Dibaca :605 kali | Durasi baca : 2 Menit

SWARAID-PALEMBANG, (12/03/2021): Dinas Kesehatan Kota Palembang  bekerjasama dengan Rumah Sakit Siloam Sriwijaya Palembang melaksanaksanakan vaksinasi massal untuk lansia. Dimana kegiatan vaksinasi tersebut dilaksanakan di Palembang Icon Mall lantai tiga yang diadakan selama tiga hari mulai hari Jumat 12 Maret dan akan dilanjutkan Senin, 15 dan 16 Maret mendatang.

dr. Mirza Susanty Sp.KKLP Kabid Kesehatan Masyarakat Dinkes Kota Palembang menyampaikan, dari 53.200 vaksin yang diterima kota Palembang, pelaksanaan vaksinasi terhadap lansia baru mencapai 17 persen atau sekitar 9000 lansia yang telah menerima vaksin.

“Hari ini kita adakan vaksinasi massal pada lansia di atas 60 tahun. Ini diadakan di Palembang Icon Mall di lantai tiga dekat Cinepolis. Vaksinasi massal lansia pada hari ini adalah kerja sama Dinas Kesehatan dengan Rumah Sakit Siloam Hospital palembang.” Sebutnya.

dr. Mirza Susanty menyampaikan pada hari pertama vaksinasi massal lansia di Palembang icon Mall ini akan di buka hingga jam 12 siang, dengan target pelaksanaan vaksinasi sebanyak 150 penerima. Meski demikian tidak ada target tertentu jumlah penerimaan keseluruhan pada pelaksanaan vaksinasi di Palembang Icon Mall ini.

Baca Juga :  Awas Lubang Depan PTC ! Belasan Pengendara Terjatuh

“Kita menargetkan sebanyak-banyaknya lansia yang bisa kita layani. Nah untuk hari ini karena pelayanan kita sampai jam dua belas kita menargetkan 150 orang lansia.”

Lebih lanjut, penerima vaksinasi golongan lansia ini di jelaskan terdapat beberapa kriteria yang harus dipatuhi. Dimana salah satunya adalah berusia 60 tahun ke atas, mengikuti screening kesehatan sebelum dinyatakan layak penyuntikan dengan menjawab 5 pertanyaan, yaitu sanggup berjalan sendiri sejauh 200 meter, mampu menaiki sepuluh anak tangga, tidak menderita 5 penyakit dari sebelas kriteria penyakit, apakah sering cepat lelah, dan apakah mengalami penurunan berat badan drastis dalam satu tahun terkahir.

Terlepas pelaksanaan vaksinasi massal lansia tersebut, dr. Mirza Susanty menyampaikan bila pendaftaran vaksinasi ini dapat dilakukan dengan mengunjungi situs resmi Dinas kesehatan kota Palembang, ataupun situs resmi RS. Siloam.

Untuk pendaftaran melalui website Dinkes hingga pagi tadi disampaikan sebanyak 83 calon penerima dari 135 pendaftar yang sisanya melalui website resmi RS. Siloam hospital palembang.

“Dari Dinas Kesehatan sendiri sudah menyebarkan link Google form untuk pendaftaran, kemudian dari Rumah Sakit Siloam juga mempunyai aplikasi my hospital Siloam. itu sudah ada di yang kita sebar ke medsos maupun website.” Sebutnya.

Baca Juga :  SPI Hadir Ke Gedung DPRD Sumsel, Emilia : Menolak Keras Omnibus Law

“Masyarakat tinggal mendaftar melalui link tersebut untuk kemudian datang sesuai dengan jadwal yang sudah dipilih dengan membawa KTP.” Tambahnya.

Lebih lanjut, dr. Bona Fernando Direktur Utama RS Siloam Sriwijaya Palembang menyebutkan pada hari pertama pelaksanaan vaksinasi mengerahkan empat tenaga vaksinator dan untuk tenaga nakes pada tahap screening merupakan tenaga kesehatan campur dari Puskesmas dan Rumah Sakit Siloam Sriwijaya.

“Untuk jumlahnya tentatif ya, semakin banyak pasien kita bisa kerahkan semakin banyak, jadi saat ini yang kita lihat sudah untuk screening ada empat orang dan vaksinatornya juga ada empat orang. Dan sisanya campur sinergi dengan Puskesmas”. Jelasnya.

Selain itu, di jelaskan dr. Bona Fernando terdapat perbedaan pada jangka vaksinasi kedua, bila pada penerima umum hanya menunggu 14 hari namun pada lansia menunggu selama 28 hari.

Komentar

Berita Lainya