oleh

Restorasi Sungai Sekanak Lambidaro ; Pemkot Bangkitkan Venetie Van Oost

Oleh : | Editor : Noviani Dwi Putri
Dibaca :837 kali | Durasi baca : 1 Menit

PALEMBANG-SWARAID, (04/03/2021): Venetie Van oost atau Venesia Dari Timur adalah nama yang disematkan untuk kota Palembang pada masa penjajahan Belanda, pasalnya pada masa itu Palembang terkenal memiliki begitu banyak anak sungai yang bermuara di Sungai Musi, hampir serupa dengan Venesia.

Hal inilah kemudian menjadi dasar dari Pemerintah Kota Palembang menghidupkan kembali  Venitie Van Oost, Pemkot Palembang berencana akan meng-eksplore sungai Sekanak Lambidaro. Dimana diketahui Pemkot Palembang menargetkan kontruksi restorasi hingga tahun 2023 mendatang.

Seperti yang disampaikan Walikota Palembang, Harnojoyo, selain tetap berfungsi sebagai pengendali genangan air, Sungai Sekanak Lambidaro juga diproyeksikan sebagai destinasi wisata tengah kota di Palembang.

Harnojoyo membeberkan bila hingga saat ini pengerjaan baru sepanjang 1 kilometer terhitung dari Jembatan Karang di Jalan Merdeka membentang hingga sebelah retail Palembang Indah Mall (PIM), sedangkan bila dihitung hingga sampai kecamatan Gadus secara keseluruhan sepanjang 11 kilometer.

“Mudah-mudahan proyek ini dalam waktu 240 hari bisa dikerjakan, kami juga mengusulkan karena baru sebatas PIM atau sekitar 1 kilometer yang dibereskan. Maka kita minta ke pusat agar bisa menganggarkan secara multiyears anggaran.” Kata Harno.

Baca Juga :  Tak Punya KIS, Warga Rusun Ini Dijemput Finda dan Pihak RSUD Palembang Bari

Lebih lanjut estimasi anggaran yang akan dialokasikan guna merestorasi Sungai Sekanak Lambidaro disebutkan Harnojoyo, akan menghabiskan anggaran sebesar Rp 390 miliar, sedangkan di tahun 2021 ini baru 10 persen pengalokasiannya atau sekitar Rp 38 miliar.

“Kalau tiap tahunnya 10 persen, artinya untuk rampung kita menunggu sampai 10 tahun kedepan, maka dari itu kita multiyears untuk penganggarannya.”

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Palembang, Ahmad Bastari secara rinci menyampaikan, pengerjaan 240 hari tersebut merupakan pelaksanaan di tahun ini yang berakhir di bulan Desember mendatang.

Selain itu, Ahmad Bastari menyebutkan fokus item pengerjaan pada restorasi Sungai Sekanak Lambidaro adalah perkuatan tebing, landscape, dan pengerukan.

“Saat ini untuk pengerjaan yang tengah berjalan dari Ramayana hingga Transmart dengan fisik sekitar 35%, dan untuk Jembatan Karang sampai PIM sedang dalam persiapan pemasangan pancang tiang, yang dalam dua minggu lagi akan dilaksanakan.” Pungkas Bastari.

Komentar

Berita Lainya