14 Mei 2022 - 08:40 WIB | Dibaca : 374 kali

Rekrutmen Tim Pendamping Haji Daerah Sumsel Diserbu Sejumlah Pejabat

Laporan :
Editor : Noviani Dwi Putri

SWARAID, PALEMBANG: Tim Pendamping Ibadah Haji Daerah (TPHD) adalah petugas daerah yang menyertai jamaah haji dalam kelompok terbang yang bertugas membantu memberikan bimbingan ibadah, pelayanan umum dan pelayanan kesehatan.

Pada rekrutmen tim pendamping haji daerah (TPHD) Sumatera Selatan tahun ini, tampak fenomena yang menarik. Bagaimana tidak, bukannya diikuti tokoh agama ataupun masyarakat umum yang sudah berhaji, TPHD juga diminati oleh para pejabat baik dari eksekutif, legislatif bahkan para petinggi BUMD.

Tentu saja bukan tanpa alasan, nama-nama yang terpilih menjadi TPHD nantinya akan ikut berangkat ke tanah suci dengan biaya akan ditanggung oleh negara melalui APBD.

Dengan kata lain, kandidatnya akan berangkat haji dan langsung diterbangkan bersama para jemaah haji tanpa daftar tunggu lagi, selain itu untuk biaya embrakasinya pun lebih besar ketimbang dengan biaya haji reguler.

Seperti dalam kegiatan penyeleksian TPHD Sumsel yang digelar di Asrama Haji Palembang baru baru ini, tampak beberapa nama pejabat. Sebut saja Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda beserta sang suami Dedi Supriyanto anggota DPRD Sumsel.

Baca Juga :  Wabup Banyuasin Mengecek Alat Pemadaman Karhutla ; Ada Yang Rusak !

Selain itu, juga tampak direktur perusahaan daerah PT Swarna Dwipa Palembang, yakni Rebo Iskandar beserta istri yang mengikuti rangkaian tes TPHD.

Alih alih diikuti oleh yang berpengalaman berangkat Haji, baik dari kelompok bimbingan ibadah haji (KBIH), organisasi Islam ataupun para ulama dan tokoh agama. TPHD tampak menjadi “jatah” berangkat haji gratis oleh para pejabat.

Sangking antusiasnya, Fitrianti Agustinda saat diwawancarai terkait keikutsertaannya bersama suami dalam rekrutmen TPHD hanya menyampaikan sedikit kata,

“Nanti saja masih menunggu tes lagi,” ujarnya sambil ditemani sang suami yang hanya tersenyum.

Dilansir dari sumsel.kemenag.go.id jadwal keberangkatan haji tahun 2022 secara nasional untuk kloter pertama akan berangkat pada tanggal empat Juni mendatang.

Sumsel sendiri mendapatkan kuota 3.183 orang yang akan berangkat haji tahun ini, namun per 9 Mei lalu calon jemaah haji yang baru mengkonfirmasi berjumla 1426 orang atau sekitar 53 persennya saja.

Komentar