oleh

Program Kartu Prakerja, Sekda: Daya Serap Tenaga Kerja Belum Signifikan

Oleh : | Editor : Noviani Dwi Putri
Dibaca :1.278 kali | Durasi baca : 2 Menit

SWARAID-PALEMBANG, (04/03/2021): Program Kartu Prakerja dari pemerintah pusat kembali dijalankan, sebanyak 600 ribu peserta akan menerima manfaat kartu prakerja yang memasuki gelombang ke 12 program prakerja.

Program prakerja yang pada awalnya dimaksudkan dapat membantu masyarakat untuk dapat meningkatkan keahlian guna mempermudah menerima pekerjaan, namun sepanjang perjalanan program prakerja berlangsung, kini diubah dengan desain program semi bantuan sosial terdampak pandemi.

Dikabarkan pula pada gelombang 12 semester pertama tahun ini pemerintah pusat menyiapkan dana sekitar 10 triliun rupiah dan ditargetkan peserta yang akan menerima sebanyak 2.7 juta orang.

Menanggapi hal tersebut, Sekda Kota Palembang Ratu Dewa, menaruh harapan besar terhadap program  Kartu Prakerja dapat mengurangi angka pengangguran di kota pempek ini.

Selain itu, melihat persyaratan bagi calon peserta Kartu Prakerja yang begitu rumit, Sekda Kota Palembang berspekulasi perlu adanya sosialisasi dari Disnaker Kota Palembang secara proaktif memberikan edukasi tata cara pendaftaran ppeserta Kartu Prakerja di kota Palembang.

“Harapan kita supaya memang didorong masyarakat yang ada di level bawah. Karena persyaratannya cukup ribet. Harus ada email, harus ada web dan lain sebagainya. Sedangkan masyarakat kita beberapa masih kategori yang tidak begitu melek lah terhadap IT. Maka dari itu kita mengharapkan dari Disnaker proaktif memberikan sosialisasi yang mudah dipahami oleh masyarakat.” Sebutnya.

Baca Juga :  BNN Provinsi Sumsel dan Pemkot Palembang Akan Bersinergi Bangun "Kampung Bersinar"

Lebih lanjut, Ratu Dewa juga membenarkan dari tujuan pemerintah pusat yang mengubah program Kartu Prakerja menjadi semi bansos, maka dari itu Ratu Dewa menyampaikan perlu adanya inisiatif dari Disnaker Kota Palembang dapat membuka peluang Lapangan kerja seluas-luasnya.

Seperti yang disampaikan Ratu Dewa, ketika kedatangan Dirjen Kementerian Ketenagakerjaan, pihaknya berupaya mengajukan pembuatan gedung baru guna bernaungnya Balai latihan kerja di kota Palembang dengan skala lebih besar, hal ini dimaksudkan RD dapat mengakomodir daya serap tenaga kerja di kota Palembang.

“Sebenarnya untuk pelatihan, Saya minta dengan Disnaker waktu ada Dirjen datang ke Palembang. Saya berharap kemarin ada pembangunan gedung baru yang dibuat di Palembang dalam skala yang lebih besar.”

“Dengan adanya kantor baru pelatihan BLK maka akan ada daya serap ketenagakerjaan Palembang. Nah ini pada tingkat atas masih dikonsultasikan dengan pihak kementerian. Sehingga ada penyerapan tenaga kerja dengan keberadaan dari Balai Latihan Ketenagakerjaan di Palembang.” Tambahnya.

Di luar hal tersebut, terkait dengan fungsi awal Kartu Prakerja guna membantu masyarakat dalam memudahkan menerima pekerjaan, Ratu Dewa menyebutkan, daya serap tenaga kerja belum begitu signifikan di kota Palembang.

Baca Juga :  Ramadhan Sebentar Lagi ! Bagaimana Tarawih Tahun Ini?

“Kalau kemarin sih, yang saya dapat informasi itu memang di beberapa perusahaan ada, tapi relatif tidak terlalu signifikan.”

UMKM Kito - Solusi UMKM Go-Online

Komentar

Berita Lainya