oleh

Pemkot Kebut Pembebasan 101 Persil Untuk Pemangunan Fly over

Oleh : | Editor : Noviani Dwi Putri
Dibaca :288 kali | Durasi baca : 2 Menit

PALEMBANG-SWARAID (25/02/2021): Pemkot Palembang percepat pembebesan lahan warga guna pembangunan fly over di kawasan simpang Sekip ujung atau Simpang Angkatan 66. Tercatat ada 101 persil, termasuk Kantor Camat Kemuning.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Palembang, Ahmad Bastari menjelaskan, setidaknya telah ada 62 persil yang telah di beri sosialisasi terkait kesepakatan harga. Dimana dari keseluruhan yang telah sepakat tersebut, 15 di antaranya telah melengkapi persyaratan dan 3 masih melengkapi persyaratan. Dimana disebut Ahmad Bastari pembebasan lahan akan menghabiskan anggaran sebesar Rp 80 miliar sesuai dengan perhitungan Kantor Jasa Penilai Publik (KJPP).

“Kita akan bekerja keras untuk segera menyelesaikan proses pembayaran ini. Kalau untuk kendalanya memang kita sosialisasikan ini secara bertahap. Ya, Karena memang ini kan baru Februari dari anggaran 2021 ini. Tapi secara anggaran Pemerintah Provinsi tadi dinyatakan siap, Pemerintah Kota udah siap. Dan besaran ganti rugi dari hasil perhitungan KJPP sekitar 80 miliar.” Paparnya.

Selanjutnya, Ahmad Bastari menyebutkan terkait pembangunan secara fisik fly over simpang Sekip ujung akan dilakukan oleh Balai Besar Jalan setelah proses pembebasan lahan rampung pembayarannya.

Baca Juga :  Usai Safari Subuh, Harnojoyo Kunjungi Keluarga Almarhun Rully

“Begitu pembebasan lahan selesai, Balai Jalan akan segera melakukan tender. Artinya bisa saja akan dimulai di tahun ini.” Pangkasnya.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan (BAPPEDA LITBANG) Kota Palembang, Harrey Hadi menyebutkan, percepatan pembebasan lahan di sekitar simpang Sekip ujung ini guna menyakinkan Pemerintah Pusat untuk menurunkan APBN yang dibeberkan Harrey Hadi sekitar 200 M lebih.

“Kalau APBN, setelah Clear lahan 100 persil itu, baru kita bisa mendapatkan APBN untuk itu.” Jelasnya.

Di tempat yang sama, Sekretaris Daerah Kota Palembang, Ratu Dewa menanggapi terkait sisa 38 persil yang belum disosialisasikan, dirinya meminta kepada pihak PUPR untuk segera menyelesaikan dalam dua hari kedepan. Dan terkait kesepakatan dan admistrasi persyaratan RD meminta untuk rampung hingga Rabu depan (03/03/21).

“Saya targetkan nanti di hari Rabu. Karena itu sudah masuk bulan Maret. Saya targetkan seluruh tim yang ada di bawah PUPR, hari Rabu itu harus sudah clear semua. Dalam artian clear secara administrasi, sosialisasi, dan lain sebagainya. Kalau untuk clear untuk secara keseluruhan adalah keinginan dari pihak Balai harus clear 100% itu. Maka saya minta waktu dengan pihak Balai Jalan Nasional sampai di hari Rabu.”

UMKM Kito - Solusi UMKM Go-Online

Komentar

Berita Lainya