oleh

Kebut Restorasi Sungai Sekanak Lambidaro, Harno : Sudah 47 Miliar !

Oleh : | Editor : Noviani Dwi Putri
Dibaca :487 kali | Durasi baca : 1 Menit

PALEMBANG-SWARAID, (05/03/2021): Percepat restorasi, Walikota Palembang Harnojoyo tinjau langsung pengerjaan Sungai Sekanak lambidaro. Dimana Sungai Sekanak Lambidaro merupakan proyeksi dari pemerintah kota Palembang guna menghadirkan destinasi wisata di tengah kota.

“Hari ini kita meninjau sungai Sekanak Lambidaro yang merupakan target destinasi pariwisata Kota Palembang ke depan.” Ucap Walikota Palembang, Harnojoyo.

Bila sebelumnya di tahun 2020 sempat mengalami penundaan pengerjaan dikarenakan recofusing anggaran guna penanganan pandemi covid-19. Baru lah di tahun ini, pengerjaan restorasi sungai Sekanak Lambidaro mulai di kebutkan lagi oleh Pemkot. Seperti yang dijelaskan Harnojoyo, di tahun ini terdapat kontrak satu tahun pengerjaan. Dimana dijelaskan terdapat dua item pengerjaan yang tengah dilaksanakan.

“Hari ini kami melihat ini ada dua paket pekerjaan, yang pertama dikerjakan PU PSDA, kemudian Kementerian PU Cipta Karya, Mereka kerjakan 500 meter ini progresnya kurang lebih 40 persen pengerjaannya saat ini.” Jelasnya.

“Kita bersyukur ya. Kalau sebelumnya kita tidak bisa lewat ini. Ini tertutup pagar rumahnya sangat kumuh. Nah, sekarang sudah rapi.” Tambah Harnojoyo sambil menunjukkan progres restorasi Sungai Sekanak.

Baca Juga :  Harnojoyo Apresiasi TMMD-110; Gotong Royong Sesuai Program Kota Palembang

Lebih lanjut, dengan target pengerjaan sepanjang 11 kilometer  rampung hingga 2023, penganggaran restorasi Sungai Sekanak Lambidaro akan dilakukan dengan multiyears.  Disampaikan Harnojoyo, penganggaran untuk restorasi dari Jembatan Karang hingga jembatan PIM sepanjang 800 meter akan dikucurkan anggaran senilai 38 miliar. Sedangkan dari jembatan PIM hingga sekitar belakang Hotel Santika sepanjang 500 meter akan memakan anggaran sebanyak 9 miliar.

“Kemarin kami dengan PU PSDA, akan melaksanakan dari Jembatan Karang sampai PIM dengan panjang 800 meter ya. Kalau ini anggaran kontraknya 9 miliar. Nah jadi sudah 38 miliar kemarin kan, sama 9 miliar, Jadi sudah 47 miliar dengan panjang kurang lebih 1300 meter.”

Lebih lanjut, Kepala Dinas PUPR Kota Palembang, Ahmad Bastari menyebutkan pengerjaan dari jembatan PIM hingga belakang Santika telah dikerjakan dari akhir bulan Januari 2021. Dimana penganggarannya disampaikan menggunakan dana APBN.

“Progres pengerjaannya lahan sudah terbuka bervariasi dari 3 sampai 7 meter, juga sudah penimbunan, sudah pengecoran lantai dan konstruksi dasar perbaikan saluran-saluran air.” Paparnya.

Baca Juga :  Wikandaru : PT Pos Indonesia Ikut Serta Melajukan Pertumbuhan Ekonomi

Komentar

Berita Lainya