oleh

Izin Mendirikan Bangunan Dihapuskan, Ini Aturan Barunya

Oleh : | Editor : Noviani Dwi Putri
Dibaca :347 kali | Durasi baca : 1 Menit

Untuk diketahui, Pemkot Palembang telah menghapuskan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) untuk wilayah Kota Palembang pada Juli lalu

SWARAID-PALEMBANG, (26/08/2021): Izin Mendirikan Bangunan (IMB) mulai kini secara resmi dihapuskan dan digantikan Persetujuan Bangunan Gedung (PBG). Namun hingga, saat ini penerapan PBG di kota Palembang masih dalam proses pengerjaan Peraturan Daerah (Perda).

Prihal itu diungkapkan langsung oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) Palembang, Ahmad Bastari Yusak saat Sumsel, Selasa (24/8).

“Kami belum mengeluarkan PBG ini karena lagi disusun kajian naskah akademik dan lain sebagainya,” katanya.

Katanya jika semua telah rampung dan Perda sudah disahkan maka barulah dapat diterapkan. Pada penerapan PBG ini setiap pembangunan harus sesuai dengan Keterangan Kesesuaian Pembuatan Ruang (KKPR).

Misalnya seperti suatu tanah yang akan dibangun Ruko. Maka akan dipersilahkan, untuk perizinannya nanti menyusul sehingga saat bangunan selesai, perizinan juga selesai atau disebut sebagai sistemnya paralel.

“Jadi setiap ada pengajuan PBG akan ditanya dulu pembangunannya apa, setelah itu perizinan dapat menyusul,” terangnya.

Baca Juga :  3 ASN Dinas Perdagangan Kota Palembang Ditetapkan Sebagai Tersangka

Menurut Bastari selama pembangunan sesuai dengan KKPR maka PBG tentu akan dikeluarkan. Namun, jika pembangunan tidak sesuai dengan KKPR maka PBG tidak akan dikeluarkan.

Misalnya, dalam KKPR akan dibangun perumahan namun setelah selesai ternyata dibangun industi maka terjadi ketidaksesuaian karena itu PBG tidak dapat dikeluarkan.

Selain itu, KKPR ini juga harus sesuai dengan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) di Kota Palembang.

“Secepatnya perda PBG ini digodok agar dapat diterapkan di Kota Palembang,” tutupnya.

Untuk diketahui, Pemkot Palembang telah menghapuskan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) untuk wilayah Kota Palembang pada Juli lalu.

Hal ini sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) nomor 16 tahun 2021 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2002 tentang Bangunan Gedung. Penghapusan IMB ini diganti dengan PBG, yang gunanya untuk mempercepat proses perizinan.

UMKM Kito - Solusi UMKM Go-Online

Komentar

Berita Lainya