oleh

Kemenag RI Terbitkan Kartu Nikah Digital Baru

Oleh : | Editor : Noviani Dwi Putri
Dibaca :240 kali | Durasi baca : 2 Menit

Cukup dengan scan barkode dalam buku nikah, biodata pasangan pengantin ini akan secara otomatis ditampilkan di gadget melalui aplikasi Sistem Informasi Manajemen Nikah (Simkah)

SWARAID-PALEMBANG, (26/08/2021): Bagi warga Palembang yang akan melangsungkan pernikahan akan langsung mendapatkan kartu nikah digital terbaru.

Jika sebelumnya kartu nikah digital juga diterbitkan dengan gambar pasangan suami istri berbentuk KTP vertikal.

Namun kini di terangkan, Kepala Kementerian Agama Kota Palembang Deni Priansyah, S.Ag, M.Pdi bahwa Kementerian Agama (kemenag) RI kembali menerbitkan kartu nikah digital baru mirip KTP yang memiliki bentuk harizontal yang dilengkapi barcode.

“Sebelumnya kartu nikah digital ini sudah diterbitkan dan kini kembali diperbaharui,” katanya, Rabu (25/8/2021).

Cukup dengan scan barkode dalam buku nikah, biodata pasangan pengantin ini akan secara otomatis ditampilkan di gadget melalui aplikasi Sistem Informasi Manajemen Nikah (Simkah).

Penerapan kartu nikah digital ini sebagai upaya meningkatkan kualitas layanan bagi pasangan suami istri atau pasutri di Indonesia termasuk di Kota Palembang.

“Kartu Nikah Digital dapat diperoleh di semua KUA yang memiliki akses ke situs web Sistem Informasi Manajemen Nikah (Simkah), dan bagi pengantin baru kini sudah bisa memilikinya,” tegasnya.

Baca Juga :  Polrestabes Mengamankan Ratusan Pemuda dan Pelajar, Anom : Menindak Tegas Provokator

Efektifnya buka nikah digital ini lebih mobile dan bisa dibawah kemana saja karena berukuran seperti KTP, bisa dimasukkan ke dalam dompet.

“Tujuannya supaya masyarakat lebih efisien membawa kartu nikah sebagai pelengkap buku nikah yang ada, efektifnya bisa mudah dibawa kemana-mana,” tegasnya.

Namun sayangnya, untuk saat ini kartu nikah digital ini hanya bisa dimiliki pasangan baru menikah saja ditahun ini.

“Kalau untuk pasangan suami istri yang telah lama saat ini belum bisa dilayani, kartu nikah digital hanya baru untuk pasangan yang baru nikah untuk saat ini saja,” tegasnya.

Tidak lama lagi juga, sebagai pilot project penerbitan kartu nikah digital ini akan dilaunching di KUA Kecamatan Sematang Borang.

“Sematang borang akan menjadi pionir untuk revitalisasi kartu nikah tersebut dalam waktu dekat,” ungkapnya.

Sementara itu Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Ilir Barat (IB) 1 Palembang H. Samsul Husni  M.Ag mengatakan, pasangan pengantin baru di kawasannya telah mendapatkan kartu nikah digital tersebut.

“Tetapi sebelum melangsungkan pernikahan mereka tetap diwajibkan mengisi persyaratan nikah secara biasanya, nah biodata ini di input secara online oleh operator kita,” katanya.

UMKM Kito - Solusi UMKM Go-Online

Komentar

Berita Lainya