oleh

Forum Cermin Kota Rekomendasikan Solusi Penanganan Sampah dan Banjir di Kota Palembang

Oleh : | Editor : Noviani Dwi Putri
Dibaca :468 kali | Durasi baca : 2 Menit

SWARAID-PALEMBANG, (22/01/2021): Forum Cermin Kota sambangi Sekretariat Daerah Kantor Walikota Palembang guna melakukan audensi dengan Sekretaris Daerah Kota Palembang. Ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan Forum Cermin Kota sebelumnya.

Dimana dalam audensi tersebut Forum Cermin Kota menawarkan solusi terkait dengan tata kelola sampah dan penanganan banjir di Kota Palembang yang merupakan hasil dari workshop yang digelar Forum Cermin Kota beberapa waktu lalu.

Pada pertemuan tersebut, Chandra Nugraha, Anggota Forum Cermin Kota menyampaikan bahwa pihaknya merekomendasikan pemanfaatan secara maksimal penggunaan TPA Karyajaya dengan membangun pengolahan sampah multi teknologi berwawasan lingkungan.

Kemudian mengenai persoalan banjir, Cermin Kota merekomendasikan pemetaan seluruh anak sungai yang berada di kota Palembang sebelum nantinya Pemerintah melakukan normalisasi anak sungai.

“Ada beberapa hal yang memang harus dibahas secara detail bagaimana mengelola sampah di kota Palembang. Yang pertama adalah mengalih fungsikan TPA Sukawinatan ke TPA Karyajaya dan memaksimalkan TPA Karyajaya sebagai salah satu model pengelolaan sampah multi teknologi berwawasan lingkungan.” Papar Chandra.

Baca Juga :  Tim Gabungan Amankan 14 Orang, Sebagian Sewa Almamater Untuk Ikut Aksi

“Mengenai banjir, kita akan melakukan pemetaan di seluruh anak sungai yang ada di kota Palembang sehingga pada akhirnya Pemerintah Kota Palembang bisa melakukan normalisasi dan bisa mengatasi permasalah banjir di kota Palembang.” Tambahnya.

Dilain pihak, audensi Cermin Kota ke Pemerintah Kota Palembang disambut baik oleh Sekretaris Daerah Kota Palembang Drs. Ratu Dewa M.Si. Beliau menilai rekomendasi yang diajukan oleh Forum Cermin Kota dapat memberikan solusi kepada Pemerintah Kota Palembang terkait penanganan banjir di kota Palembang. Dimana pihaknya akan menindak lanjuti rekomendasi yang diajukan tersebut.

“Untuk itu langkah konkretnya nanti beberapa konsep yang melalui workshop tempo hari sebagai bahan masukan ke Pemerintah Kota akan kita tindak lanjuti dalam bentuk tim kecil.” Tanggap Ratu Dewa.

Lebih lanjut terkait tindak lanjut yang akan dilakukan oleh Pemerintah Kota Palembang, Ratu Dewa menjelaskan pihaknya akan membentuk tim kecil yang terdiri dari OPD terkait di bagian pembangunan Setda Kota Palembang, yakni PUPR, PRKP, DLHK, dan BAPPEDA yang akan secara bersama membahas rancangan prosesnya.

Baca Juga :  Jelang Madrasah Kader, Muslimat NU Beraudiensi dengan Sekda

Selanjutnya Ratu Dewa menekankan, jika program tersebut masih di dalam indikator kerja utama (IKU) dan indikator kerja daerah (IKD) program tersebut akan masuk ke dalam program kegiatan prioritas di APBD-P serta APBD induk di tahun 2022.

“Kita minta selagi program itu tidak keluar dari IKU dan IKD-nya, selagi masuk dalam dua indikator tersebut maka program tersebut akan masuk kedalam program kegiatan prioritas di APBD-P serta APBD induk di tahun 2022. Itu yang penting”. Jelasnya.

UMKM Kito - Solusi UMKM Go-Online

Komentar

Berita Lainya