oleh

Baru 19 Persen Realisasi APBD 2021, Begini Target Pemkot ke Depan !

Oleh : | Editor : Noviani Dwi Putri
Dibaca :227 kali | Durasi baca : 1 Menit

SWARAID-PALEMBANG, (25/05/2021): Dengan total anggaran pendapatan dan belanja daerah tahun anggaran 2021 sebesar Rp 4.1 triliun yang dicanangkan pemerintah kota Palembang baru terealisasi mencapai 19 persen.

Hal ini, diungkapkan oleh Harnojoyo usai mengikuti rapat koordinasi terkait langkah-langkah percepatan realisasi APBD TA 2021 pemerintah daerah bersama Kementrian Dalam Negeri Republik Indonesia melalui aplikasi Zoom meeting di rumah dinas Walikota Palembang.

Dimana tahun ini percepatan realisasi APBD TA 2021 ditekankan oleh Kemendagri dialokasikan guna memulihkan ekonomi nasional di tengah wabah pandemi covid-19, serta peningkatan pelayanan publik di daerah.

Pemda juga diharapkan mampu meningkatkan pelayanan dan perlindungan masyarakat, sebagai upaya meningkatkan kesadaran masyarakat wajib pajak daerah, serta retribusi daerah.

Tak hanya itu, Pemda juga diharapkan dapat meningkatkan pemanfaatan IT dalam melakukan pemungutan PAD kota Palembang. Serta melakukan penyempurnaan sistem administrasi dan pemanfaatan anggaran.

“Pendapatan saat ini dari total anggaran 4.1 triliun, yang sudah terealisasi 19%. Tapi untuk realisasi APBD kita sudah 15%. Mudah-mudahan akan terus kita dongkrak. Hal ini juga karena memang pekerjaan baru mulai.” Kata Walikota Palembang Harnojoyo.

Baca Juga :  Kunjungi Rumah Baca RMPN, Finda Bagi-bagi Buku dan Sembako

Pemerintah kota Palembang juga menargetkan optimalisasi realisasi APBD TA 2021 baru akan tercapai pada triwulan ke tiga dan empat mendatang. Meskipun demikian hal optimalisasi ini juga akan ditentukan oleh pertumbuhan ekonomi yang masih di bayang-bayangi pandemi covid-19.

UMKM Kito - Solusi UMKM Go-Online

Komentar

Berita Lainya