Rabu, 24 November 2021 19:08 WIB

Sidak Pasar Palimo! Wawako : Nihil Produk Makanan Berbahaya

Oleh : | Editor : Noviani Dwi Putri
Dibaca :236 kali | Durasi baca : 2 Menit

SWARAID, PALEMBANG : Bersama Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Kota Palembang, Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda kembali melakukan sidak di Pasar Palimo. Hasilnya, tidak ditemukan produk makanan berbahaya.

Pengawasan ketat terhadap produk makanan gencar dilakukan guna menghindari warga Palembang mengonsumsi makanan yang mengandung bahan-bahan berbahaya seperti formalin, boraks, dan Rodamin.

Seperti hari ini, Pemerintah Kota Palembang dan BBPOM Kota Palembang melakukan pengujian terhadap 26 jenis bahan makanan mentah dan makanan siap konsumsi yang beredar di Pasar Palimo.

“Hari ini kita khususkan di Pasar Palimo, bersama BBPOM Palembang kerjasama ini kita mengecek makanan yang beredar di Pasar Palimo mulai dari bahan makan mentah hingga siap saji. Untuk memastikan bahwa yang dijual Pasar Palimo ini bebas dari bahan berbahaya ” ucap Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda.

Dari hasil penelusurannya bersama BBPOM Kota Palembang di Pasar Palimo tidak menemukan satupun produk makanan yang mengandung bahan terlarang.

“Alhamdulillah kita bersyukur sekali, hasil dari beberapa pantauan kita tidak satupun ditemukan produk makanan yang mengandung bahan berbahaya,”ungkapnya.

Baca Juga :  Jaga Kualitas Air di Seluruh Aliran Anak Sungai, Pemkot Siapkan IPAL

Bahkan ia mengaku dari beberapa kali sidak yang dilakukan bersama BBPOM di beberapa pasar di kota Palembang, sudah sangat sedikit produk makanan yang mengandung zat berbahaya.

“Alhamdulillah saat ini dari hasil pantauan kita dari informasi BBPOM, hampir di seluruh pasar sudah tidak temukan lagi makanan-makanan yang mengandung formalin, khususnya tahu dan mi.”

Bahkan, bersama BBPOM Palembang, Finda mengatakan terus mengedukasi para pedagang untuk secara sadar tidak menjual makanan yang berbahaya bila dikonsumsi.

“Pedagang juga sudah edukasi kembali agar mereka menjaga kualitas makanannya. Kegiatan ini akan terus kita laksanakan, bahkan akan kita jadwalkan seminggu sekali mulai dari pasar dan juga apotek, serta toko-toko kosmetik,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Tata Usaha BBPOM Kota Palembang Arofah mengungkapkan hal yang sama tidak ditemukannya bahan makanan atau makanan siap saji di Pasar Palimo yang mengandung bahan berbahaya.

“Semuanya negatif, terdiri dari tahu, mi, pangsit, bakso, kue apam, kerupuk, dan banyak, ada 26 hasilnya negatif,” ungkapnya.

Baca Juga :  Hari AIDS Sedunia 2020, Puskesmas Sungsang Siap Melayani Pemeriksaan VCT

Menurutnya, kini pedagang sudah lebih sadar untuk tidak menjual bahan berbahaya, lebih lanjut ia juga menerangkan saat ini di Pasar Palimo telah dibentuk “pojok pasar” yang fungsinya memantau peredaran makanan di kawasan Pasar Palimo.

“Dengan adanya pojok pasar juga mempengaruhi kesadaran para pedagang untuk tidak menggunakan bahan berbahaya pada pangannya. Karena akan selalu dipantau oleh pojok pasar.” Pungkasnya.

Dapatkan update berita setiap hari dari SWARA.ID.
Mari gabung di sosmed SWARAID OFFICIAL untuk informasi terkini lainnya: https://linktr.ee/swaraidofficial dan Grup Telegram SWARAID OFFICIAL, caranya klik link https://t.me/swaraidofficial, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Komentar

Berita Lainya