oleh

Menjaga Mood Ketika Work From Home di Masa Pandemi

Oleh : | Editor : Noviani Dwi Putri
Dibaca :141 kali | Durasi baca : 2 Menit

“Pikiran yang baik akan menghadirkan etos kerja yang baik, etos kerja yang baik akan memberikan hasil yang terbaik” 

SWARAID-PALEMBANG, (22/08/21): Pandemi memaksa semua orang untuk membatasi gerak dan aktivitas di luar rumah demi memutus rantai penyebaran Covid-19. Setiap orang harus beradaptasi secara cepat dengan situasi dan kebiasaan baru, termasuk bekerja dari rumah (work from home).

Bekerja dari rumah, salah satu kebijakan yang mau tidak mau harus dilaksanakan, namun apa jadinya jika sebagian besar waktu dalam keseharian hanya dihabiskan di dalam rumah. Tidak hanya untuk hitungan hari, rutinitas “di rumah saja” sepanjang tahun tentu sudah membuat rumah kita layaknya kantor.

Di satu sisi, bekerja dari rumah saja membuat kita merasa lebih santai karena tidak perlu kemana-mana, tapi tanpa disadari, rasa jenuh dan stres perlahan berpengaruh terhadap suasana hati atau mood kita.

Berikut Redaksi bagikan beberapa tips menjaga mood Anda ketika bekerja dari rumah,

Olahraga ringan di pagi hari

Olahraga tidak hanya membuat tubuh kita menjadi sehat dan bugar, olahraga dapat merileksasi pikiran dan membuat Anda terlihat lebih fresh.

Baca Juga :  Buruh Di Ujung Pena Pemerintah

Tidak perlu terlalu keras, berjalan kaki di sekitaran komplek atau bersepeda santai sambil memanfaatkan udara pagi yang masih segar bisa mengembalikan semangat Anda memulai hari.

Menata ruang kerja

Ruang tempat Anda bekerja layaknya sebuah pabrik atau dapur, di sana menjadi tempat Anda berproduksi menghasilkan sebuah produk berdaya jual. Tentu ruang kerja yang nyaman sangat berpengaruh terhadap kualitas pekerjaan.

Cobalah menata ruang kerja Anda dengan hal-hal yang Anda sukai, sirkulasi udara yang baik, rapih, warna cat, dan ketepatan pemilihan furnitur juga bisa membantu Anda merasa nyaman saat bekerja.

Suasana Baru

Agar tidak bosan, sesekali Anda perlu mengganti suasana ruang kerja. Mengubah posisi kursi dan meja mungkin, atau jika biasanya Anda bekerja di meja, sesekali tak ada salahnya mencoba tema lesehan.

Ingat, bekerja tidak harus di dalam ruangan ya, sesekali bekerja di luar ruangan (outdoor) juga membuat suasana lebih asik dan tidak membosankan.

Mendengar musik dan menonton film

Keseriusan di dalam bekerja sering membuat kita lupa menyenangkan diri sendiri. Beban pekerjaan tentunya kita rasakan karena kita menyadari tanggung jawab yang harus kita jaga. Namun tanpa disadari, terlalu serius bekerja membuat kita rentan stres.

Baca Juga :  NGOPI Ala DPW-K SARBUMUSI SUMSEL ; Berikan Edukasi Soal Perburuhan

Sempatkan di sela-sela pekerjaan Anda untuk mengendurkan syaraf-syaraf otak dengan musik kesukaan, atau jika mau dan tidak merasa terganggu, dengarkan musik sambil bekerja.

Menonton film juga bisa menjadi pilihan ketika senggang waktu istirahat. Genre komedi atau drama romantis mungkin bisa membuat Anda lebih terhibur.

Siapkan kudapan dan minuman ringan

Tak kalah penting, kudapan dan minuman ringan bisa menemani kesibukan Anda. Tapi ingat, pilih kudapan dan minuman yang sehat. Jangan sampai karena terlalu lama bekerja dari rumah sambil ngemil, bobot badan Anda justru membengkak.

Fokus terhadap impian

Sangat baik untuk tetap fokus terhadap apa yang ingin kita capai di masa depan, jaga motivasi diri Anda untuk tetap  tekun bekerja.

Pikiran yang baik akan menghadirkan etos kerja yang baik, etos kerja yang baik akan memberikan hasil yang terbaik.

Bersyukur dengan pekerjaan

Berhentilah membanding-bandingkan beban pekerjaan Anda dengan orang lain, apa yang Anda kerjakan saat ini mungkin adalah posisi yang sangat diidamkan oleh orang lain tapi tidak seberuntung Anda.

Baca Juga :  7 Provinsi Laporkan Nihil Tambahan Kasus Corona Baru Hari Ini

Pada situasi pandemi sekarang ini, berapa banyak orang yang harus kehilangan pekerjaan. Syukuri apa yang menjadi pekerjaan Anda sekarang, karena jika Anda masih memilikinya, itu artinya Anda adalah orang yang beruntung. (redaksi)

 

UMKM Kito - Solusi UMKM Go-Online

Komentar

Berita Lainya