oleh

Klub Puisi ‘Kitab Kalbu’ : Pandemi bukan Penghalang Berkarya

Oleh : | Editor : Noviani Dwi Putri
Dibaca :178 kali | Durasi baca : 3 Menit

SWARAID – PALEMBANG, (11/11/20) : Klub puisi ‘Kitab Kalbu’ merupakan sebuah Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dibawah naungan Fakultas Ekonomi Universitas Indo Global Mandiri (UIGM). Klub puisi ‘Kitab Kalbu’ membahas aspek-aspek kehidupan secara komprehensif mulai dari cinta, rindu, LDR, keluarga, sahabat, hidup, patah hati, dan lainnya. Tema-tema ini di susun menjadi bab-bab hingga terbentuk suatu buku/kitab.

Keuntungan bersih hasil penjualan buku puisi akan didonasikan ke wirausaha keramik di Palembang dengan harapan agar produk keramik dapat bersaing dengan merek-merek internasional dan wirausaha keramik juga dapat berkelanjutan.

Gagasan penulisan buku ‘Kitab Kalbu’ yang didasari oleh adanya Pandemi Covid-19 yang mengharuskan mahasiswa untuk tetap melakukan kegiatan belajar mengajar dari rumah (study from home). Dengan adanya kegiatan belajar dari rumah membuat para anggota sangat aktif dan produktif menulis dari rumah, menyuarakan perasaannya selama dirumah, terlebih buku Kitab Kalbu sendiri sudah dikhususkan surat selama masa pandemi, yang di namakan “Surat Corona”.

Wakil Rektor I UIGM, Dr. Sumi Amariena Hamim, S.T., M.T., ASEAN Eng menyampaikan rasa bangganya terhadap UKM UIGM yang telah menerbitkan buku ‘Kitab Kalbu’.

“Saya selaku Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UIGM merasa bangga sekali dengan Klub Puisi ‘Kitab Kalbu’ yang sudah membuktikan bahwa Pandemi tidak menghalangi kita untuk berkreasi dan menginspirasi. Kegiatan Klub Puisi ini juga sebenarnya sejalan dengan konsep ‘Merdeka Belajar, Kampus Merdeka’. Anggota Klub Puisi ini berasal dari Fakultas Ekonomi Program Studi Manajemen dan Program Studi Akuntansi, namun mereka mengeksplorasi bidang lain yang mereka sukai yaitu sastra. Kami dari UIGM mendukung sekali kegiatan kreatif dan inovatif seperti ini. Karena kami segenap civitas akademika UIGM berkomitmen untuk menghasilkan alumni-alumni yang berkualitas dan bermanfaat untuk masyarakat luas.” ujar Wakil Rektor l UIGM

Endah Dewi Purnamasari, S.E., M.M selaku Dekan Fakultas Universitas Ekonomi UIGM mengatakan.

“Pandemi Covid-19 telah menciptakan hal-hal baru yang menjadi kesempatan dan juga tantangan. Kreativitas adalah salah satu modal utama bagi anak muda Indonesia untuk memanfaatkan kesempatan dan mengalahkan tantangan pada dunia baru di masa yang akan datang. Klub puisi ‘Kitab Kalbu‘ ini dibentuk dengan tujuan memenuhi kebutuhan tersebut. Kami harap ini dapat menstimulasi, melatih, dan mempertajam kemampuan berpikir kreatif mahasiswa. Menjadi suatu kebanggaan bagi saya selaku Dekan Fakultas Ekonomi UIGM.” Ungkap kepada SWARAID.

Penyair dan pakar sastra Dr. Latifah Ratnawati, M.Hum berharap klub ‘Kitab Kalbu’ akan terus memberikan kontribusi terhadap dunia perpuisian di Indonesia.

“Setidaknya kehadiran Antologi ‘Kitab Kalbu’ ini memperkaya khazanah puisi kaum milenial, yang menonjol dari sebagian puisi dalam antologi ini adalah adanya kemiripannya dengan puisi haiku puisi kuno dari Negeri Matahari Terbit yang sampai saat ini masih digemari bukan saja di negeri asalnya, tetapi juga di manca negara, termasuk di Indonesia. Kemiripan ini merupakan potensi yang dapat dikembangkan ke depan sehingga mereka dapat menyemarakkan keberadaan puisi haiku di negeri ini. Apalagi dukungan dari pihak lembaga amat baik sehingga tidak menutup kemungkinan bagi hadirnya antologi selanjutnya dan kegiatan bersastra lain dari kampus UIGM ini. Semoga.” tutur Latifah.

Sementara itu Shafiera Lazuarni, S.E., M.Sc. selaku Ketua Program Studi Manajemen menyatakan kebangganya terhadap anak didiknya yang mampu melahirkan kitab kalbu dan segala bentuk kreatifitas anak didiknya.

“Sebagai dosen yang mendidik anggota klub puisi, saya merasa bangga sekaligus terinspirasi. Di klub puisi ini, selain belajar menulis kreatif, mereka juga belajar desain komunikasi visual agar puisi yang mereka tampilkan tidak hanya enak didengar tapi juga menarik untuk dilihat. Mereka mempraktekkan ilmu digital marketing dan keorganisasian. Dan yang lebih membanggakan lagi mereka sedang menciptakan wirausaha agar talenta yang mereka punya bermanfaat untuk diri mereka sendiri dan masyarakat. Saya mendukung penuh setiap kegiatan positif yang mereka lakukan.” Ujar Shafiera Lazuarni.

Risqo M. Wahid, S.E., yang merupakan Dosen Pembimbing Klub Puisi Fakultas Ekonomi UIGM pun mengungkapkan hal senada terhadap peluncuran buku ‘Kitab Kalbu’.

“Peluncuran buku ‘Kitab Kalbu : Antologi Puisi’ ini bukan merupakan tujuan akhir, namun langkah awal bagi Klub Puisi. Saya harap rasa antusias, kreativitas, dan semangat untuk menginspirasi dan berinovasi tetap tumbuh pada setiap anggota. Saya juga berharap agar ketika lulus nanti para anggota sudah siap dan bisa menang dalam perang pada dunia kerja yang semakin ketat di masa depan. Saya merasa sangat bangga dengan kalian. Semoga semua cita-cita dan harapan kita tercapai.” Tutup Risqo M. Wahid.

Baca Juga :  #CampForPeace Gelorakan Semangat Kebhinekaan

Komentar

Berita Lainya