oleh

KIP Sumsel Audensi ke Walikota, Harnojoyo: Mungkin Kedepannya Akan Ada MoU

Oleh : | Editor : Noviani Dwi Putri
Dibaca :236 kali | Durasi baca : 2 Menit

SWARAID – PALEMBANG, (24/11/20): Komisi Informasi Provinsi (KIP) Sumatera Selatan melakukan audensi dengan Walikota Palembang di rumah dinasnya, Selasa pagi (24/11/20). Ketua KIP Sumsel, A. Kori Kunci menerangkan kedatangannya adalah sebagai silaturahmi dan dalam rangka mensinergikan transparansi informasi kepada masyarakat.

“Jadi audiensi kami dalam rangka bersinergi dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi kami dari Komisi Informasi Provinsi yaitu menyelesaikan konflik sengketa informasi,” terangnya.

Selain itu Kori Kunci menuturkan dalam agendanya berasama Walikota Palembang juga dalam rangka mendorong badan publik Kota Palembang lebih terbuka dan transparan terhadap informasi. Juga ketua KIP Sumsel menuturkan selama ini belum ada konflik sengketa informasi yang terjadi di Pemerintahan Kota Palembang.

“Inilah tugas kami mendorong badan publik Kota Palembang ini. Harapan kami kedepan artinya badan publik di kota Palembang lebih transparan lagi. Kita melihat untuk tahun 2020 ini tidak ada sengketa informasi yang masuk.” Sambung Kori kembali.

Kori lebih lanjut menjelaskan ada beberapa kriteria yang tidak dapat di buka secara umum ke publik. Berdasarkan UU no 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi kepada publik, menurutnya ada beberapa pengecualian dalam penerapannya.

Baca Juga :  Bantuan UMKM Masih Terkendala, HMI MPO Gelar Dialog

“Cuman ada beberapa kriteria yang dikecualikan. Ada lima, informasi di bidang pertahanan dan keamanan negara, informasi di bidang penegakan hukum, informasi di bidang kekayaan alam, informasi persaingan usaha, informasi yang bersifat pribadi”. Jelasnya.

Terakhir Ketua KIP Sumsel ini menyampaikan apresiasinya kepada Walikota Palembang atas transparansinya informasi di Kota Palembang.

Di lain sisi walikota Palembang H. Harnojoyo menyambut baik audensi yang dilakukan KIP Sumsel dalam melakukan sinergi. Dan dirinya menuturkan akan ada pelaksanaan MoU dengan pihak KIP guna pelaksanaan transparansi informasi yang di lakukan oleh setiap OPD Kota Palembang.

“Alhamdulillah mereka sudah beraudensi, harapannya KIP ini bisa tersosialisasikan kepada seluruh OPD di Pemerintah Kota Palembang, dalam rangka untuk membuka informasi yang transparan. Kami sangat menyambut baik, mungkin kedepannya ada semacam MoU dibawah KIP dalam transparansi informasi itu betul-betul dilaksanakan di Pemerintahan Kota Palembang.” Tutupnya.

Komentar

Berita Lainya