oleh

Jaga Ketersediaan Pangan, Pemkot Dorong UMKM Rambah Pasar Digital

Oleh : | Editor : Noviani Dwi Putri
Dibaca :192 kali | Durasi baca : 1 Menit

Pemkot Palembang disarankan oleh pemerintah pusat untuk terus mendorong pertumbuhan ekonomi dengan cara peningkatan peran UMKM pangan melalui optimalisasi digital

SWARAID-PALEMBANG, (25/08/2021): Mewaspadai inflasi di bulan Agustus, Pemkot Palembang berupaya terus mendorong para pelaku usaha ikut merambah di sistem pasar digital agar dapat menjaga ketersediaan pangan di kota Palembang.

Hal tersebut disampaikan Walikota Palembang Harnojoyo usai rapat koordinasi pengendalian inflasi bersama presiden RI Joko Widodo melalui vidcon di Rumah Dinas Walikota Palembang, Rabu (25/08/21).

Pemkot Palembang disarankan oleh pemerintah pusat untuk terus mendorong pertumbuhan ekonomi dengan cara peningkatan peran UMKM pangan melalui optimalisasi digital.

“Pada saat ini infalsi kita ini terjaga baik di nasional maupun daerah, untuk tahun 2020 Alhamdulillah kita inflasi 1.43 persen di bawah provinsi dan juga nasional.” Terang Harnojoyo.

Sementara itu, kata harnojoyo bila dihitung secara bulanan dari data BPS, kota Palembang tengah mengalami deflasi 0.06 %, ini terjadi akibat pandemi terkhusus selama PPKM level empat yang membuat berbagai kegiatan terpaksa diberhentikan sementara waktu.

Baca Juga :  Kepala Dinas Perdagangan Sumsel : Kopi Sumsel Kurang Sosialisasi

“Yang kita khawatir ketika daya beli masyarakat melonjak, sektor pertanian atau penyuplai masih terbawa situasi deflasi seperti saat ini.”

Oleh sebab itu, selain peran UMKM dalam pasar digital, Pemkot Palembang juga memberikan bantuan perkreditan modal usaha sebagai bentuk keberpihakan terhadap sektor pangan.

“Kita sekarang juga ada pasar online, mendorong pertumbuhan ekonomi agar dapat menjaga daya beli masyarakat di masa pandemi, juga menghindari terjadinya kerumunan.”

Perlu diketahui, bahwa kota Palembang masuk peringkat kedua sebagai daerah pengendalian inflasi terbaik di wilayah Sumatera yang diberikan oleh Kementerian Dalam Negeri RI.

“Kota Palembang menurut Kemendagri, nomor dua di wilayah Sumatera terkait dengan pengendalian inflasi terbaik.”

UMKM Kito - Solusi UMKM Go-Online

Komentar

Berita Lainya