oleh

Ikuti Arahan Kemendagri ; Disdukcapil Kota Palembang Beri Layanan Keliling

Oleh : | Editor : Noviani Dwi Putri
Dibaca :366 kali | Durasi baca : 1 Menit

SWARAID-PALEMBANG, (11/02/2021): Administrasi kependudukan sebagai bentuk keabsahan identitas dan kepastian hukum atas dokumen penduduk merupakan hak dan kewajiban bagi seluruh rakyat Indonesia. Menjadi kewajiban Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) untuk memberikan fasilitas pelayanan bagi seluruh masyarakat tanpa terkecuali.

Disdukcapil Kota Palembang baru-baru ini melakukan pelayanan keliling administrasi kependudukan di Panti Sosial Orang Dengan Ganggian Jiwa (ODGJ) di Jalan Residen H Najamuddin, Kelurahan Sukamaju, Kecamatam Sako, Palembang.

Kepala Disdukcapil Kota Palembang Ir.Hj. Dewi Isnaini, M.Si menyebutkan program pelayanan administrasi kependudukan keliling ini merupakan arahan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sesuai dengan amanat undang-undang pasal 34 tentang kewajiban Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat serta terkhusus instruksi Mendagri terkait gerakan sadar administrasi kependudukan.

“Capil sendiri dimana kita ketahui memiliki tugas dalam memberikan pelayanan dan memberikan pemahaman kepada masyarakat, bahwa administrasi itu adalah hak masyarakat dan kami diwajibkan untuk memberikan pelayanan.” Kata Isnaini.

Lebih jauh, Dewi Isnaini menyebutkan bila sebelumnya Disdukcapil Kota Palembang juga melakukan pelayanan keliling administrasi kependudukan dengan menyambangi lapas kelas satu Lorok Pakjo, sebagai bentuk pelayanan mobile yang diberikan Disdukcapil kota Palembang dalam memberikan hak administrasi bagi seluruh masyarakat.

Baca Juga :  Promosi UMKM di Lapak Online Fitri

Selain itu Dewi Isnaini memaparkan, ke depan Disdukcapil Kota Palembang juga akan melakukan pelayanan keliling ke sekolah bagi siswa yang telah wajib memiliki KTP.

“Alhamdulillah kita telah diberikan kesempatan untuk memberikan pelayanan bagi mereka dan semoga kedepannya akan tetap berjalan serta memberi kemanfaatan bagi bersama.” Tutup Dewi.

Komentar

Berita Lainya