oleh

Idul Adha 1442 Hijriah, HD Sebar 100 Ekor Sapi Untuk Masyarakat Sumsel

Oleh : | Editor : Egi Saputra
Dibaca :278 kali | Durasi baca : 2 Menit

SWARAID – PALEMBANG, (19/07/21) : Gubernur Sumsel gencar melakukan berbagai upaya untuk memberikan perhatiannya kepada masyarakat. Jelang hari raya idul adha 1442 H, Herman Deru berkesempatan untuk menyerahkan langsung sapi kurban di beberapa lokasi.

Langkah itu sebagai wujud kepedulian Herman Deru kepada masyarakat di momen berharga tersebut.

“Sengaja kita datang ke beberapa tempat ini untuk menyerahkan sapi kurban kepada masyarakat. Ini merupakan langkah kita untuk berbagi di hari raya idul adha,” kata Herman Deru di sela penyerahan sapi kurban di masjid Agung Palembang, Senin (19/7).

Dijelaskannya, sedikitnya ada 100 ekor sapi kurban yang disiapkan Pemprov Sumsel untuk dibagikan ke sejumlah wilayah yang memang sebelumnya telah dilakukan pendataan.

“Ada 100 ekor sapi yang terkumpul. Sapi kurban tersebut merupakan hasil dari dana yang dikumpulkan para ASN, pegawai BUMD dan lainnya. Sapi-sapi tersebut kita sebar di wilayah-wilayah yang kita nilai berhak menerimanya,” paparnya.

Menurutnya, Idul Adha 1442 H saat ini memang merupakan momen yang tepat untuk berbagi. Apalagi idul adha kali ini, masyarakat juga masih harus berjuang melawan pandemi covid-19 yang belum usai.

Baca Juga :  Herman Deru Kuatkan Sistem Layanan Kesehatan Berkeadilan

“Saat ini masyarakat butuh perhatian maksimal, sehingga masyarakat dapat merasakan kebersamaan. Upaya ini diharapkan dapat mengobarkan semangat berkurban,” terangnya.

Dia juga menyarankan, agar sapi kurban tersebut dapat dibagi rata untuk masyarakat yang berhak menerimanya.

“Saya menyarankan daging kurban ini dibagikan untuk seluruh masyarakat. Walaupun pembagiannya sedikit tapi harus rata sehingga masyarakat dapat merasakannya,” ujarnya.

Diketahui, penyerahan sapi kurban yang dilakukan Gubernur Herman Deru berawal dari Masjid Al Amin di kawasan rumah susun Palembang. Di tempat itu, Herman Deru menyerahkan sapi kurban atas nama dirinya dan keluarga.

Tidak hanya itu, sebanyak 800 kepala keluarga di kawasan padat penduduk tersebut juga diberikan bantuan berupa beras. Bantuan tersebut akan langsung didistribusikan oleh Dinas Sosial Provinsi Sumsel

Lalu, Herman Deru menuju masjid Muhajidin di kawasan 5 Ulu Palembang. Seekor sapi kurban diberikan dikawasan itu. Kemudian, Herman Deru memberikan bantuan hewan kurban di kawasan Jalan KH H Balqi Kelurahan 16 Ulu sebelum akhirnya memberikan bantuan sapi kurban di Masjid Agung Palembang.

Baca Juga :  Sumsel Kembali Dipercaya Jadi Tuan Rumah Triathlon 2021

Disela-sela penyerahan hewan kurban ini Herman Deru juga mengajak masyarakat Sumsel untuk melaksanakan Sholat Idul Adha 1442 H di rumah mengingat masih dalam situasi pandemi covid-19.

“Hari rayanya dirumah ya. Termasuk melakukan sholat Ied karena tidak mengurangi hikmadnya. Jadi kita jangan tinggalkan sholat tapi dirumah saja, sedangkan untuk motong hewan kurban di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) atau di tempat yang aman,” tegas Herman Deru.

Sementara itu, Ketua Masjid Mujahidin M Idris, mengucapkan terima kasih atas bantuan sapi kurban untuk masyarakat yang telah diserahkan Gubernur.

Dia menegaskan daging sapi kurban tersebut akan dibagi rata untuk masyarakat setempat.

“Kepedulian pemimpin seperti pak Gubernur ini yang kami harapkan. Ini wujud kebersamaan dan mudah-mudahan membawa berkah. Tentunya ini akan dibagikan secara merata untuk masyarakat,” ucapnya.

Sementara itu dalam surat edaran Gubernur Nomor. 039/SE/III.2021 yang memuat tata cara penyembelihan dan pembagian hewan kurban dimasa pandemi.

Penyembelihan hewan kurban dilaksanakan sesuai syariat islam, penyembelihan hewan kurban dilakukan dengan penerapan higienis petugas ditempat pemotongan dan pelaksanaan penyembelihan dan pembagian hewan kurban tetap menerpakan protokol kesehatan dan menjaga jarak fisik (Physical Distancing).

Baca Juga :  Luncurkan SIPEMIKAT, Pemprov Sumsel Permudah Layanan Penyandang Disabilitas

Kemudian pendistribusian daging hewan kurban dilakukan oleh petugas ketempat tinggal warga yang berhak menerima atau dengan cara lain yang tidak menimbulkan kerumunan atau antrian, serta petugas yang mendistribusikan daging hewan kurban wajib mengenakan masker dan sarung tangan untuk meminimalkan kontak fisik dengan penerima daging.

UMKM Kito - Solusi UMKM Go-Online

Komentar

Berita Lainya