oleh

Forum Konsultasi RKPD : Bangun Sinkronisasi Stakeholder dan Pemerintah

Oleh : | Editor : Noviani Dwi Putri
Dibaca :222 kali | Durasi baca : 2 Menit

SWARAID-PALEMBANG, (08/03/2021): Pemerintah Kota Palembang mengadakan forum konsultasi publik Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2022. Forum konsultasi ini secara garis besar adalah upaya menampung semua aspirasi dari pemangku kepentingan perencanaan pembangunan daerah.

Pada tahapannya, sebelum forum konsultasi rancangan awal RKPD 2022 diadakan, setidaknya pada tingkatan kelurahan dan kecamatan se-kota Palembang telah melakukan Musrembang. Konsultasi rancangan awal RKPD ini merupakan proses tahapan strategis yang wajib dibicarakan, guna menghadapi situasi kondisi sekarang, dalam hal pembangunan daerah tahun 2022.

Seperti yang disampaikan Walikota Palembang Harnojoyo, RKPD tahun 2022 terdapat 11 prioritas pembangunan yang akan ditargetkan.

“Hari ini kita konsultasi terkait dengan rencana kerja perangkat daerah untuk tahun 2022. Jadi ada beberapa program strategis Pemerintah Kota. Ada 11 yang kita sampaikan, provinsi maupun dengan pusat sinerginya nanti bisa lebih baik lagi.” Jelasnya.

Secara jelas, Harrey Hadi Kepala Bappeda Litbang kota Palembang menyebutkan diadakannya forum konsultasi publik rancangan awal RKPD 2022 guna terbangunnya sinkronisasi stakeholder dan pemerintah terkait.

Baca Juga :  Bayar UKT melalui KTM Dapat Reward

“Kita ingin mendengarkan saran dan masukan bahwa RPJMD yang sudah kita susun, itu kita coba sampaikan kepada stakeholder yang terkait, baik Balai Besar Jalan, Balai Besar Sungai, Balai Besar Pemukiman, termasuk juga OPD di sini. Untuk memastikan bahwa perencanaan di RPJMD itu sudah ada sinkronisasi dengan pemerintah pusat dan pemerintah provinsi.” Kata Harrey.

Selain itu Harrey Hadi membeberkan sesuai dengan RPJMD Kota Palembang, program penanggulangan stunting melalui pemberdayaan ekonomi masyarakat, yang dicontohkan seperti kredit pinjaman tanpa agunan yang tetap akan dijalankan kedepannya. Tak hanya itu Harrey Hadi menyebutkan dalam upaya lainnya berupa pengembangan ekonomi kreatif yang bermaksud guna menghadirkan lapangan kerja yang baru di kota Palembang.

“Kita berharap ya dampak covid ini mudah-mudahan akan semakin berangsur turun Sehingga aktivitas masyarakat juga bisa berjalan dengan baik, restoran dan hotel juga berkembang dengan besar, sehingga inilah yang mendapatkan pendapatan asli daerah semakin meningkat.”

Terkait anggaran, Ketua DPRD Kota Palembang Zainal Abidin, menyebutkan terdapat peningkatan anggaran belanja RKPD di tahun 2022 dari tahun sebelumnya.

Baca Juga :  Dinas Sosial Kota Palembang : Kemensos Minta Data Ulang Penerima Bantuan

“Sudah disampaikan tadi gambaran awalnya pendapatan itu meningkat, kemudian sudah ada estimasi bahwa anggaran untuk 2022 itu di angka 4.3 triliun, dari 2021 4.173 triliun itu meningkat. Yang penting dari setiap OPD, komitmen dengan arah kebijakannya selaras dengan Pemerintah Kota.”

UMKM Kito - Solusi UMKM Go-Online

Komentar

Berita Lainya