14 Februari 2022 - 02:27 WIB | Dibaca : 342 kali

Wonderful! Indonesia Dinobatkan Sebagai Negara Tercantik Alami di Dunia

Laporan :
Editor : Noviani Dwi Putri

SWARAID, JAKARTA: Bagaimana tidak berbangga lahir dan hidup di negara luas dengan karunia bentang alam dan panorama yang keelokannya diakui dunia.

Negara berjuluk “Zamrud Khatulistiwa” dengan komposisi 34 provinsi, 1.340 suku bangsa, 718 bahasa daerah, beragam adat istiadat dan sumber daya alam melimpah.

Setiap daerah memiliki daya tarik tersendiri, baik dalam hal keindahan alam, adat istiadat, hingga beragam kuliner khas. Negara cantik ini bernama Indonesia.

Baru-baru ini, Indonesia dinobatkan sebagai negara peringkat satu tercantik alami di dunia versi salah satu situs asal Inggris, Money.

Negara kita berhasil mengalahkan sejumlah negara dunia yang cukup termasyur keindahan alamnya, sebut saja Selandia Baru, Kolombia, dan Perancis.

Para juri memutuskan hal ini atas sejumlah kriteria atau aspek penilaian yang mereka miliki, yakni menghitung jumlah terumbu karang, pegunungan, dan taman nasional yang ada di suatu negara. Dari aspek-aspek yang diperhitungkan, Indonesia muncul sebagai juaranya.

Peringkat 10 besar negara tercantik alami di dunia

Berikut adalah peringkat 10 besar negara tercantik alami di dunia dilansir Kompas beserta dengan hasil penilaiannya:

  1. Indonesia, 7,77
  2. Selandia Baru 7,27
  3. Kolombia 7,16
  4. Tanzania 6,98
  5. Meksiko 6,96
  6. Kenya 6,7
  7. India 6,54
  8. Perancis 6,51
  9. Papua Nugini 6,39
  10. Komoro, 6,22
Baca Juga :  Hari Raya Galungan Momentum Menangkan Dharma atas Adharma
Kriteria penilaian negara tercantik alami di dunia

Jika mencermati kembali kriteria penilaian yang digunakan, para juri tidak hanya menghitung berapa banyak keindahan alami seperti gunung, pegunungan, terumbu karang, dan lain sebagainya yang ada di sebuah negara.

Mereka juga menghitung, berapa banyak taman nasional yang dimiliki oleh negara yang sedang mereka nilai.

Juri menilai, keindahan bukan hanya bisa dilihat di alam, namun juga pada Undang-Undang yang ada di pemerintahan suatu negara, misalnya Undang-Undang yang menetapkan suatu potensi alam sebagai sesuatu yang harus dilindungi dan dilestarikan.

Juri kemudian menghitung ada berapa banyak keindahan alami yang dapat mereka temukan di setiap 100.000 km².

Indonesia dengan 17.000 lebih pulau, 147 gunung berapi, dan kekayaan terumbu karang serta hutan hujan yang begitu luas itu muncul menjadi juaranya dan bertengger di urutan teratas sebagai negara tercantik alami di dunia.

Indonesia berhasil mengalahkan Selandia Baru yang juga terkenal akan keindahannya. Sebut saja jajaran pegunungan dengan panorama dramatis, gletser yang luas, juga banyak taman nasional yang dimiliki.

Baca Juga :  Tkiemas.id Usulkan Taufiq Kiemas Jadi Pahlawan Nasional

Sementara di posisi ketiga, ada Kolombia dengan kekayaan alam berupa hutan Amazon, pegunungan Andes, dan pantai Karibia.

Komentar