Senin, 9 November 2020 14:19 WIB

Warung Ketek Apung Cek Mery, Sajikan Menu Khas Palembang

Oleh : | Editor : Noviani Dwi Putri
Dibaca :434 kali | Durasi baca : 2 Menit

SWARAID – PALEMBANG, (09/11/20) : Warung ketek apung yang banyak dijumpai di Dermaga Benteng Kuto Besak (BKB) Palembang yang menyajikan menu khas Palembang, seperti tekwan, model, pempek, celimpungan, dan pempek lenggang. Warung Cek Mery salah satunya, ketek sederhana namun cukup unik dan menarik perhatian ditambah bandrol terjangkau mampu bertahan hingga 11 tahun.

Disambangi SWARAID, Cek Mery menceritakan perjalanan usaha warung terapungnya tersebut,

“Awal saya membuka usaha warung ketek ini karena terinspirasi dari perkataan pak Eddy Santana waktu dia masih menjabat sebagai Walikota Palembang. Saat itu dia sedang berkunjung di Banteng Kuto Besak (BKB) ia mengajak para istri tukang ketek untuk membuka usaha dan mari bersama-sama memajukan wisata kota Palembang saat itu saya terpikir ingin membuka usaha warung apung di ketek. Saya mencoba menggunakan ketek kecil awal perjualan saya dan modal awal meminjam di bank dengan angsuran bayaran perbulan. Menurut saya saat Eddy Santana menjabat, program kerjanya cukup bermanfaat untuk kalangan bawah seperti kami.” Gesah Cek Mery.

Ibu tiga anak ini melanjutkan,

“Tidak terasa saya sudah 11 tahun saya berjualan di warung ketek ini awal tahun 2009 dengan modal nekat memakai ketek kecil yang belum besar seperti sekarang ini dulu saya berjualan aqua dan minuman keliling lainnya di BKB.” 

Cek Mery juga merasakan dampak pandemi Covid-19 ini terhadap penjualannya,

“Sebelum datangnya corona dagangan lumayan, termasuk banyak laris. Mulai dari artis, polisi, penjabat, dan para wisatawan dari luar negeri dulu banyak yang berdatangan untuk mencicipi makan diatas ketek. Walaupun begitu dagangan di warung saya tidak  terlalu mahal karena saya tahu saya jualan di kalangan di dekat pasar pasti kebanyakan orang pasar yang mampir untuk makan disini, biasa pendapatan perharinya sebelum covid bisa sampai 3 juta perharinya. Kalau sekarang sih, karena covid paling kenceng cuma 1 juta mbak.” Keluh Cek Mery.

Harapan Cek Mery kedepannya supaya covid cepat menghilang,

“Harapan saya cuma mau covid ini cepat menghilang mbak, walaupun saya tahu bukan saya saja yang terkena dampaknya, tapi kalo begini terus saya bisa rugi mbak gak tau mau sampai kapan begini terus biaya sekolah anak masih tetap uang listrik PLN masih bayaran sedangkan pengahasilan saya sekarang tidak sebesar dulu lagi.” 

Baca Juga :  BNN Provinsi Sumsel dan Pemkot Palembang Akan Bersinergi Bangun "Kampung Bersinar"

Dapatkan update berita setiap hari dari SWARA.ID.
Mari gabung di sosmed SWARAID OFFICIAL untuk informasi terkini lainnya: https://linktr.ee/swaraidofficial dan Grup Telegram SWARAID OFFICIAL, caranya klik link https://t.me/swaraidofficial, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Komentar

Berita Lainya