oleh

Pemprov Segera Tuntaskan Pembangunan Pasar Cinde dan Islamic Center

Oleh : | Editor : Egi Saputra
Dibaca :402 kali | Durasi baca : 2 Menit

SWARAID – PALEMBANG, (03/06/21) : Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H Herman Deru menegaskan Pemprov Sumsel akan berupaya segera merampungkan sejumlah pembangunan infrastruktur mangkrak yang ada di Sumsel khususnya di Kota Palembang seperti pasar Cinde dan Islamic Center.

Tidak hanya itu, dia juga akan melakukan penataan ulang sungai Musi agar memiliki daya tarik sehingga mendongkrak potensi pariwisata di Bumi Sriwijaya tersebut.

“Pasar Cinde rencananya akan kita (Pemprov Sumsel) ambil alih. Selama tiga tahun mangkrak pembangunannya dan kontak dengan kontraktor juga telah berakhir. Ini harus kita selesaikan karena menimbulkan kesusahan bagi para pedagang,” kata Herman Deru, Rabu (2/6) malam.

Sementara Islamic Center, jika dilihat potensinya saat ini belum bisa dilakukan pengerjaan lantaran masih dalam proses hukum. Kemungkinan, Islamic Centre yang sedianya berada di kawasan Jakabaring tersebut akan berpindah lokasi.

“Meskipun ada dana pembangunannya namun tidak disarankan untuk dilanjutkan dulu karena saat ini masih dalam proses hukum. Kemungkinan bisa dibangun di lokasi lain,” katanya.

Bahkan, agar memiliki ciri khas tersendiri, Herman Deru menagih janji Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil untuk mendesain bagunan pasar Cinde maupun Islamic Centre tersebut.

Baca Juga :  Legislatif Ketuk Palu Setujui Dua Raperda Usulan Pemprov Sumsel

Kendati begitu, desain tersebut harus dibangun sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda) tentang arsitektur bangunan gedung berornamen budaya yang belum lama ini disahkan.

“Tentu harus mengacu dengan perda. Saya minta Kang Emil untuk mendesain, karena beliau pernah berjanji dan memang beliau arsitek,” katanya.

Termasuk juga dengan desain wisata sungai Musi. Hal itu dilakukan agar seluruh tempat wisata maupun arsitek bangunan dan gedung di Sumsel memiliki ciri khas.

“Ini memang harus ada sentuhan seni agar ada ciri khas yang menunjukkan jati diri Sumsel. Namun hal ini adalah janji yang pernah disampaikan Kang Emil untuk membantu desain tersebut,” jelasnya.

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, siap membantu untuk mendesain sejumlah tempat tersebut. Apalagi, hal itu merupakan janjinya sesaat setelah dilantik sebagai Gubernur Jawa Barat.

“Ini memang hutang saya. Namun saya akan melihat tempat tersebut dulu. Tentu saya siap membantu,” katanya.

Tidak hanya itu, megungkapkan ketakjubannya terhadap kemajuan pesat di Sumsel saat ini. Terlebih, tak lama lagi kampus IPDN akan berdiri di Sumsel.

Baca Juga :  Kepala BKKBN Imbau Seluruh Anggota Keluarga Harus Segera Divaksin

“Saya turut bangga. Apalagi kampus IPDN akan dibangun disini. Tentu ini sebuah kemjuan pesat dan tentu saya akan mendukung,” pungkasnya.

UMKM Kito - Solusi UMKM Go-Online

Komentar

Berita Lainya