oleh

Menerapkan Protokol Kesehatan ; Pilkada 2020 Beda!

Oleh : | Editor : Noviani Dwi Putri
Dibaca :252 kali | Durasi baca : 1 Menit

SWARAID – OGAN ILIR, (9/12/20): Pilkada serentak yang dihelat di akhir tahun ini memberikan warna tersendiri di masa pandemi yang tengah melanda dunia. Virus covid-19 yang memaksa masyakarat untuk terus menjaga kesehatan bahkan pada saat di awal kemunculannya membuat seluruh masyarakat seolah berhenti beraktivitas di luar. Tak terkecuali di Indonesia sendiri, virus corana yang baru mulai terdeteksi masuk ke Indonesia pada awal tahun tepatnya di bulan Maret, memaksa rakyat Indonesia untuk berdiam diri di rumah dan menerapkan protokol kesehatan.

Polemik pro kontra yang terjadi atas penyelenggaraan pilkada serentak ini dikarenakan beberapa pihak mengkhawatirkan hadirnya klaster baru dalam penyebaran virus Covid-19. Namun tak sedikit juga yang menginginkan pesta demokrasi ini tetap diselenggarakan dengan beberapa pertimbangan.

Nanda (20) warga Kelurahan Permata Hitam Kabupaten Ogan Ilir mengatakan dirinya tidak begitu was-was terhadap penyebaran virus Covid-19 seperti yang dikhawatirkan oleh beberapa pengamat politik. Nanda menuturkan bahwasanya di TPS tempat dia mencoblos sudah mengikuti protokol kesahatan ketat. Dimana pemilih yang ikut mencoblos diwajibkan untuk mengenakan masker, mencuci tangan dengan sabun sebelum masuk TPS, bahkan panitia menyediakan sarung tangan plastik.

Baca Juga :  Jelang Libur Panjang Pemkot Antisipasi Sebaran Covid-19

Dari penjelasan Nanda, didapati ada beberapa perubahan prosedur pada pilkada kali ini. Jika biasanya setelah mencoblos, pemilih mencelupkan jari ke tinta, maka kali ini tinta tersebut hanya diteteskan.

“Kita sebelum masuk wajib pakai masker, dipersilahkan cuci tangan,terus diukur suhu tubuh, dikasih sarung tangan dari plastik menghindari benda yaitu paku yang digunakan untuk mencoblos dan kertas yang berpindah tangan, sampai ke akses pintu keluar, terakhir kita disuruh buang sarung tangan tadi ke tempat yang disediakan dan setelahnya diteteskan tinta coblos,bukan dicelup ke botol ya.” Jelasnya kepada SWARAID.

 

Komentar

Berita Lainya