oleh

Masih Banyak Genangan Air di Kota Palembang, Simak Upaya Pemkot Berikut !

Oleh : | Editor : Noviani Dwi Putri
Dibaca :585 kali | Durasi baca : 1 Menit

SWARAID-PALEMBANG, (20/01/2021): Mengawali tahun 2021, bencana banjir melanda sejumlah daerah menjadi kekhawatiran Pemerintah, seperti yang terjadi di Kalsel, Jakarta, dan Jawa barat. Dimana hal tersebut mayoritas terjadi disebabkan oleh kurang baiknya pengolahan drainase, sampai kolam retensi yang kurang baik pengolahannya di tambah dengan di awal tahun 2021 ini yang merupakan musim penghujan dan pasang air besar.

Menanggapi hal tersebut, Walikota Palembang Harnojoyo menjelaskan kini pihaknya tengah berkonsentrasi untuk menangani di beberapa titik yang hingga saat ini masih ditemui genangan di saat hujan atau di saat air pasang di sungai Musi. Dimana menurut Harnojoyo beberapa titik tersebut berada sekitaran sungai Bendung, DAMRI km 9 , Sapta Marga, PDAM Sukarno-Hatta, dan SMA Kusuma Bangsa.

Harnojoyo menuturkan kini pihaknya bersama Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan tengah memperluas beberapa kolam retensi di kota Palembang. Seperti kolam retensi yang terdapat di Sungai Buah, kini pihaknya tengah memperluas area tersebut dimana sebelumnya seluas satu hektar menjadi dua hektar. Selain itu kini pihaknya juga tengah memperjuangkan pembebesan lahan guna pemanfaatan sebagai kolam retensi yang berada dekat bandara SMB II.

Baca Juga :  Hujan Deras Disertai Angin, Sejumlah Titik di Kota Palembang Banjir !

“Jadi masalahnya, kolam retensi yang ada di dekat bandara mudah-mudahan tahun ini bisa kita selesaikan, lahan kurang lebih 4 hektar sehingga terjawab juga genangan air yang terjadi. Kita konsentrasi di Sapta Marga, juga di Kumbang. Sekarang kita dengan Pemprov meluas kolam retensi yang ada di sungai buah satu hektar kita jadikan dua hektar. Mudah-mudahan kalau ini selesai, ini juga akan menjawab genangan air yang ada di sekitar Kumbang.”

Terakhir Harnojoyo menjelaskan dimana kini Pemerintah Kota Palembang tengah mengupayakan untuk membuat sistem kompansasi guna menyerap genangan seperti yang terjadi di sekitar Kumbang dengan membuangnya ke Sungai Musi.

“Kita usahakan juga untuk kompansasi di beberapa titik untuk ditarik dan dikeluarkan ke sungai Musi.” Tutupnya.

Komentar

Berita Lainya