oleh

LPSB Laporkan PT. BA dan PT. PAMA ke Polda Sumsel

Oleh : | Editor : Noviani Dwi Putri
Dibaca :395 kali | Durasi baca : 2 Menit

SWARAID – PALEMBANG, (3/11/20) : Pengurus Laskar Pemuda Sumsel Bersatu (LPSB) beraudiensi dengan Dirkrimum Polda Sumsel yang mewakili Kapolda Sumsel, dalam hal ini turut mendampingi kanit III subdit I Kamneg dan Kanit V subdit I Kamneg bertempat di ruang gelar perkara Dirkrimum POLDA Sumsel. (Selasa,3/11/2020).

Febri Zulian Direktur Eksekutif LPSB di dampingi Oleh Doddy Hari Utama dan juga Octariadi menyampaikan laporan hasil pemantauanya terhadap tragedi yang terjadi di Kabupaten Muara Enim tepatnya di Tambang Air Laya Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Bukit Asam (PT BA) dan subkon perusahaanya bernama PT. Pamapersada Nusantara (PAMA)  dimana telah terjadi kecelakaan tambang yang mengakibatkan 1 korban bernama Federik Hansen Sagala yang merupakan operator PT PAMA yang sampai saat ini mayat nya pun belum ditemukan, dan juga beberapa alat berat yang tertimbun longsor di antaranya adalah exavator PC 400 sebanyak 1 unit, exavator PC 850, serta 1 unit dozer 375.

Atas kejadian tersebut, LPSB menilai bahwa ada beberapa dugaan unsur kelalaian oleh pihak perusahaan tambang, pengawas dan KTT PT.BA serta penanggung jawab PT.PAMA. Sehingga perlu diadakannya penelusuran dan penyelidikan lebih mendalam lagi oleh pihak kepolisian.

Baca Juga :  Sepeda Kesayangan Raib Dicuri, Pemilik Lapor ke Polisi

“Besar harapan kami kepada Polda Sumsel, baik Dirkrimsus dan Dirkrimum Polda Sumsel dapat menemukan fakta-fakta pelanggaran hukum atas kejadian tersebut.” Ungkap Febry.

Dirkrimum Kombespol Hisar Siallagan, SIK mewakili Kapolda sumsel menegaskan

“Kami dari Direktorat Kriminal Umum Polda Sumsel sesuai dengan ketentuan yang berlaku akan terjun ke lapangan dan kemarin juga kami sudah mengambil keterangan dari 9 orang di lokasi dan saat ini masih dalam tahap lidik. Kami menyambut baik kehadiran adik-adik dari Laskar Pemuda Sumsel Bersatu (LPSB) sebagai penyambung lidah rakyat untuk menyampaikan aspirasi”. Tegasnya

Polda Sumsel akan fokus mendalami pasal-pasal kecelakaan kerja di area tambang PT BA dan PT PAMA di lokasi Air Laya tersebut dan akan menindak tegas serta melanjutkan ke tingkat sidik untuk semua bentuk pelanggaran jika memang terdapat bukti-bukti serta fakta pelanggaran pidana terutama dalam pasal-pasal kecelakaan kerja.

Komentar

Berita Lainya