22 Juni 2023 - 05:41 WIB | Dibaca : 310 kali

KPUD Banyuasin Gelar Rapat Pleno, Terdapat 625.988 DPT

Laporan : Maulana
Editor : Noviani Dwi Putri

SWARAID, PALEMBANG: Bertempat Di Ballroom Hotel Fave Palembang, KPUD Banyuasin menggelar Rapat Pleno Terbuka, Rekapitulasi Dan Penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Tingkat Kabupaten Banyuasin Untuk Pemilu Tahun 2024 mendatang.

Sebanyak 625.988 daftar pemilih tetap kabupaten banyuasin untuk pemilu 2024 mendatang secara resmi dan terbuka telah ditetapkan oleh KPUD Banyuasin. Dihadiri Seluruh Stakeholder, baik dari Bawaslu, OPD terkait, PPK, PPS dan seluruh Parpol Peserta Pemilu 2024, para peserta rapat pleno bersama-sama menyepakati hasil rekapitulasi yang telah disampaikan oleh KPUD Banyuasin.

Komisioner KPUD Banyuasin Divisi Perencanaan, Data Dan Informasi, Ricky Okta Dinata mengungkapkan bahwa setelah melalui proses yang cukup panjang sejak dimulainya coklit pada bulan maret 2023 hingga sekarang akhirnya KPUD dapat menetapkan DPT untuk pemilu 2024 sesuai dengan data yang masuk kedalam database KPUD Banyuasin setelah melalui perbaikan-perbaikan.

“Terkait adanya data pemilih yang domisilinya tercantum Rt 0 dan Rw 0, bahwa sebagian besar data yang bermasalah tersebut telah dilakukan verifikasi ulang dan data tersebut telah sesuai dengan data pemilih yang sebenarnya, pihak KPUD Banyuasin pun terus berkoordinasi dengan dinas terkait untuk memveifikasi ulang dan memastikan bahwa data pemilih telah sesuai,” kata Ricky, Rabu (21/6/23).

Baca Juga :  Askolani Tegaskan Batas Wilayah Palembang - Banyuasin Sudah Clear

“Sementara untuk daftar pemilih pemula Kabupaten Banyuasin, ada sekitar 2900an,” tambah dia.

Selanjutnya Ricky menjelaskan bahwa setelah penetapan DPT pada tingkat Kabupaten selesai, maka tahapan rekapitulasi dan penetapan daftar pemilih tetap akan dilakukan pula ditingkat provinsi dan berlanjut ke tingkat nasional nantinya. KPUD Banyuasin berharap untuk data pemilih yang tidak memenuhi syarat (TMS) tidak akan ada lagi setelah ini.

“kita pastikan tidak ada lagi data-data yang ganda,” ujarnya.

Komentar