Rabu, 17 November 2021 19:12 WIB

Kebakaran di Kantor Disdukcapil Diduga Berasal dari Ruang Server di Lantai Dua

Oleh : | Editor : Noviani Dwi Putri
Dibaca :320 kali | Durasi baca : 1 Menit

SWARAID, PALEMBANG : Insiden kebakaran di gedung Disdukcapil Kota Palembang di Jalan Demang Lebar Daun Kelurahan Lorok Pakjo Kecamatan Ilir Barat I,  sore hari ini (17/11/21) baru bisa dipadamkan pada pukul 17.45 WIB.

Menurut keterangan Kadisdukcapil Kota Palembang Dewi Isnaini, ketika kejadian, Dewi sedang melakukan rapat di lantai 4. Di sela rapat, sekitar pukul 15:30 WIB, terdengar ledakan yang berasal dari ruang server di lantai dua gedung yang sama.

Pada awalnya, kobaran api yang berada di ruang server coba di padamkan dengan Alat Pemadam Api Ringan (Apar) yang tersedia dekat ruang tersebut.

Namun kobaran api kian membesar, ia pun langsung melaporkan kejadian tersebut ke Dinas Pemadam Kebakaran Kota Palembang.

“Waktu kejadian itu saya berada di lantai empat ruang rapat, saya mendengar ada ledakan dari lantai dua, sepertinya dari ruang server. Sempat coba dipadamkan pakai Apar tapi api semakin membesar, langsung saya hubungi pemadam kebakaran,”terangnya.

Dewi Isnaini menduga ledakan tersebut berasal dari ruang server di kantornya, meski begitu ia menepis dugaan apabila server di kantornya tidak dirawat dengan baik dan sesuai standarisasi.

Baca Juga :  Kemudahan Perizinan Diharap Tingkatkan Investasi di Palembang 2 Persen Lebih

“Saya tidak bisa menyimpulkan yang pasti terjadi ledakan di lantai dua, tapi setelah kita turun ke bawah ada api di ruangan server,” ungkapnya.

Ia menerangkan hanya sedikit berkas yang dapat diselamatkan, meski begitu ia menerangkan data yang dimiliki Disdukcapil Kota Palembang telah terinput ke dalam data pusat.

Dewi Isnaini juga menyampaikan, hingga kini belum bisa menaksir berapa jumlah kerugian akibat kebakaran tersebut.

“Kalau data yang diserver itu kan penting, tapi data itu kan diinput secara terpusat, jadi terakait data semoga saja masih aman,” tambahnya.

Sementara Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kota Palembang Decki Tatung menerangkan, kebakaran tersebut dipastikan tidak menelan korban jiwa.

“Kejadian ini sekitar setengah empat sore, kita juga menurunkan semua unit mobil pemadam kebakaran,” katanya.

Dapatkan update berita setiap hari dari SWARA.ID.
Mari gabung di sosmed SWARAID OFFICIAL untuk informasi terkini lainnya: https://linktr.ee/swaraidofficial dan Grup Telegram SWARAID OFFICIAL, caranya klik link https://t.me/swaraidofficial, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Komentar

Berita Lainya