oleh

Jokowi Bagikan 1 Juta Sertifikat Tanah, Sumsel Terima 139 Ribu

Oleh : | Editor : Muslim
Dibaca :237 kali | Durasi baca : 2 Menit

SWARAID – PALEMBANG, (10/11/20) : Presiden Joko Widodo kembali membagikan sertifikat tanah secara gratis kepada masyarakat Indonesia dengan jumlah 1 juta sertifikat tanah. Penyerahan simbolis yang dilakukan secara serentak melalui video conference, pemerintah menargetkan pada akhir tahun 2020 ada 7 juta sertifikat tanah yang akan dibagikan, namun target tersebut bila dibandingkan sebelum masa pandemi jauh menurun. Ditahun 2019 Jokowi membagikan 10 juta sertifikat.

“Ada hambatan dilapangan maupun dikantor. Oke, saya turunkan dari 10 juta menjadi 7 juta dan saya yakin insya allah ini juga bisa tercapai. Targetnya kedepan 2025 bahwa seluruh bidang tanah di Indonesia, bahkan tempat peribadatanpun harus sudah memiliki sertifikat tanah tanpa terkecuali.” Terang Jokowi saat video conference dari Istana Negara, Jakarta (9/11).

Target ini Jokowi harap agar masyarakat dapat menikmati atas kepemilikan surat tanah tersebut. Salah satunya dengan kepemilikan sertifikat tanah masyarakat mampu mengakses pembiayaan di bank dengan mengagunkan sertifikat nya yang mana masyarakat biasa membuka usaha atau membeli bibit untuk lahan supaya bisa di produktifkan.

Baca Juga :  Selesaikan ! Konflik Agraria Berkepanjangan, Presiden harus Pimpin Langsung

Sumatera Selatan mendapat kuota sebanyak 139 ribu sertifikat tanah, yang secara simbolis diberikan oleh Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru didampingi Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Sumsel kepada masyarakat sebanyak 50 orang yang hadir di Graha Bina Praja Pemprov Sumatera Selatan.

Selaras dengan tujuan presiden RI Joko Widodo, Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru, juga menuturkan hal yang sama. Dengan kepemilikan sertifikat tanah masyarakat dapat mendapatkan legalitas dan kekuatan hukum atas kepemilikan bidang tanah dengan kepemilikan sertifikat. Yang menurut nya bisa digunakan sebagai aggunan di bank demi produktivitas ekonomi.

“Berikutnya, pasti setelah ini masih ada yang tersisa mungkin karena masalah internal, saya instruksikan agar dapat dilakukan inventarisir hambatannya apa saja, jika ditemukan ada masalah karena ketidakmampuan masyarakat tersebut kita adakan program daerah untuk mengcover kekurangannya.” Tegasnya HD kepada SWARAID.

Kakanwil BPN Sumsel Drs. Pelopor, M.Eng., Sc menuturkan dari 139 ribu sertifikat yang diterima untuk sumsel.

“Ini bukan akhir dari kegiatan penyerahan sertifikat, tahun depan akan lebih banyak lagi, untuk Sumatera Selatan tahun depan kita menargetkan 350 ribu. Insya allah tahun depan kalau berjalan lancar 350 ribu sertifikat itu kami bagikan paling lambat pada bulan seperti saat ini.” Jelasnya.

Baca Juga :  BWF Minta Maaf, Gideon : Harus Diperjelas, Enggak Segampang Itu !

Terakhir Kakanwil BPN Sumsel menyarankan kepada masyarakat Sumatera Selatan yang akan mengurus sertifikat kepemilikan tanah agar memastikan dan menyiapkan segala sesuatu halnya.

“Kepada masyarakat yang memiliki tanah agar menyiapkan surat-surat tanah dan memastikan batas tanahnya dengan tetangga agar disepakati dan tidak ada konflik, sehingga ketika petugas BPN datang ke desa atau kelurahan kita tinggal melakukan pendataan.” Tegasnya.

Sementara itu, Muhamad Sobirin salah satu warga kota Palembang yang menerima sertifikat secara simbolis oleh gubernur Sumatera Selatan, mengucapkan terimakasih kepada semua pihak terkait dalam upanya membantu masyarakat.

“Dengan adanya pembagian sertifikat ini, kami sangat berterima kasih dan bersyukur, sebagai rakyat biasa yang sangat susah dalam hal administratif, sudah 20 tahun lebih kami belum mendapat sertifikat, namun dengan adanya pembagian sertifikat ini akhirnya kami memilikinya, harapan kami kedepan untuk masyarakat sumsel yang belum mendapatkan sertifikat Insya allah seperti kata pak Jokowi selaku Presiden pada tahun 2025 yang belum dapat akan di pastikan mendapat sertifikat semuanya.” Tutupnya.

Komentar

Berita Lainya