27 Juni 2022 - 02:01 WIB | Dibaca : 265 kali

Bulan Bung Karno, Giri: Cara untuk Ingatkan akan sosok Soekarno

Laporan :
Editor : Egi Saputra

Ada tiga hal yang spesial di tiap bulan Juni ini. Yaitu Bung Karno mengutarakan ide tentang Pancasila, sehingga lahirlah Hari Pancasila pada setiap tanggal 1 Juni. Beliau juga lahir dan wafat di bulan Juni

SWARAID, PALEMBANG: Peringatan Bulan Bung Karno yang diselenggarakan oleh PDI Perjuangan (PDIP) Sumatera Selatan (Sumsel), ditutup dengan semarak.

Perayaan yang dihelat dari sepanjang bulan Juni 2022 ini, diisi dengan berbagai kegiatan edukatif bagi generasi muda dan masyarakat umum. Bahkan antusias masyarakat Sumsel sangat tinggi, dengan rangkaian kegiatan Bulan Bung Karno.

Berbagai perlombaan mewarnai peringatan tersebut, mulai dari lomba tulis essay, pidato, meme, desain grafis, melukis, mewarnai, Barista LatteArt hingga Senam Cinta Tanah Air (Sicita).

Ada ribuan peserta yang mendaftarkan diri dan unjuk kemampuan, dalam berbagai lomba yang diselenggarakan PDIP Sumsel tersebut.

Hingga di puncak acara peringatan Bulan Bung Karno, digelar di halaman DPRD Sumsel, pada hari Minggu (26/6/2022) pagi hingga sore hari.

Di tiap lomba, diumumkan pemenangnya, mulai dari Juara 1, 2, 3, Juara Harapan 1 dan Juara Harapan 2. Senyum para pemenang tergambar di wajah mereka, saat menaiki panggung pemenang.

Welly Rahma Nelly (42), instruktur Sicita dari Tim Lahat Bercahaya, mampu membawa anak didiknya menduduki Juara 2 Sicita. Padahal, banyak para pesaing yang mumpuni untuk meraih posisi tersebut.

Baca Juga :  Hasto Akui RUU HIP Diusulkan PDI Perjuangan

Apalagi dia sangat terharu, bisa membawa 7 orang anak didiknya dari Kabupaten Lahat Sumsel, berdiri di atas podium meraih kemenangan di antara para pesaingnya.

“Kami hanya latihan selama 3 hari saja, lalu dibuat videonya langsung jadi sehari. Karena anak didik saya anak-anak milenial, mereka bersemangat ketika berkompetisi. Memang tidak ada target khusus, mengalir saja. Akhirnya, kami menjadi Juara 2 Sicita PDIP Sumsel,” ucapnya, Minggu (26/6/2022).

Diungkapkan Ketua DPD PDIP Sumsel Giri Ramanda N Kiemas, peringatan Bulan Bung Karno ini menjadi cara untuk mengingatkan lagi ke masyarakat Indonesia, terutama warga Sumsel akan sosok Presiden Soekarno.

“Ada tiga hal yang spesial di tiap bulan Juni ini. Yaitu Bung Karno mengutarakan ide tentang Pancasila, sehingga lahirlah Hari Pancasila pada setiap tanggal 1 Juni. Beliau juga lahir dan wafat di bulan Juni,” ujarnya.

Dengan memperingati Bulan Bung Karno tersebut, PDIP Sumsel ingin mengajak warga Sumsel untuk tidak melupakan bagaimana perjuangan Sang Proklamator Bung Karno dan semangat juangnya.

Serta mengajak para generasi muda, untuk memahami perjuangan Bung Karno, tentang lahirnya Pancasila dan kemerdekaan bangsa ini.

Baca Juga :  Warna Cat Pesawat Kepresidenan Makin "Ramai", PDIP dan Demokrat Saling Sindir

“Harapan ke depan, PDIP Sumsel dan pemerintah daerah bisa terus menanamkan jwia kebangsaan dan memantapkan Pancasila sebagai dasar negara kita, terutama ke kawula muda,” katanya.

Komentar