26 Juni 2022 - 13:02 WIB | Dibaca : 258 kali

Banjir Bandang, Jalinsumteng Muara Enim-Tanjung Enim Lumpuh

Laporan :
Editor : Noviani Dwi Putri

Meluapnya Sungai Enim dan bebarapa anak sungainya yang menyebabkan banjir bandang dan menggenangi sejumlah titik seperti di Desa Lingga dan Kelurahan Pasar Tanjung Enim

SWARAID, MUARA ENIM: Terpantau beberapa titik di Jalinsumteng Muara Enim-Tanjung Enim terendam banjir, Minggu (26/6/22). Hal tersebut mengakibatkan ratusan kendaraan yang didominasi truk pengangkut batubara dan kendaraan bertonase besar terjebak macet.

Tak tanggung-tanggung, barisan kendaraan mencapai 2 km dari arah Tanjung Enim maupun sebaliknya.

Penyebabnya tak lain dan tak bukan ialah meluapnya Sungai Enim dan bebarapa anak sungainya yang menyebabkan banjir bandang dan menggenangi sejumlah titik seperti di Desa Lingga dan Kelurahan Pasar Tanjung Enim.

Menurut keterangan warga setempat, air sudah menggenangi jalan sekitar pukul 02.00 WIB dan baru surut sekitar pukul 08.00. Namun kendaraan bisa berjalan merayap sekitar pukul 09.00 WIB.

Di jumpai di lokasi, seorang sopir truk mengaku takut terjebak jika harus memaksa melintasi titik genangan air.

“Sudah hampir enam jam kami macet di sini, masih belum bisa jalan,” keluh Bani.

Disamping itu, di Desa Lingga, warga yang rumahnya terendam banjir juga melakukan evakuasi terhadap barang berharga milik mereka, seperti barang elektronik dan kendaraan. Karena jalan raya merupakan dataran tinggi, sehingga warga meletakkan barang-barang mereka di jalan.

Baca Juga :  BBWS Sumatera VIII Rangkul Komunitas Peduli Sungai dan Banjir

“Tepakso ditarok di jalan ni lah, sebabnyo di sini yang tinggi. Men dak tu rusak galo pekakas kami.” Rohaya, salah satu korban banjir.

Namun meski kesal dan merasa lelah, para pengguna jalan mengaku maklum dengan hal tersebut mengingat warga sedang terkena musibah.

Komentar