oleh

Anugerah Parahita Ekapraya ; Pemkot Palembang Optimis Dapat Penghargaan !

Oleh : | Editor : Noviani Dwi Putri
Dibaca :220 kali | Durasi baca : 2 Menit

SWARAID-PALEMBANG, (24/03/2021): Wakil Walikota Palembang, Fitrianti Agustinda mengikuti secara virtual (via zoom) verifikasi lapangan yang dilakukan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia (KEMENPPPA RI), dalam rangka penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE).

Fitrianti Agustinda, yang merupakan salah satu Kepala Daerah di Indonesia yang bergender perempuan, sangat memberi apresiasi kepada Kementerian PPPA atas inisiasi penyelenggaraan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2021 sebagai salah satu bentuk nyata penghargaan bagi pencapaian kesejahteraan gender, pemberdayaan perempuan, dan perlindungan anak di daerah.

Selain di ikuti Finda, Verifikasi lapangan yang dilangsungkan secara virtual tersebut juga diikuti pula oleh, Empat instrumen pendukung yaitu Tim Penggerak atau Kelompok Kerja (Pokja) Pengarusutamaan Gender (PUG) yakni, Kepala Bappeda Litbang Kota Palembang, Kepada Dinas (Kadin) PPPAPM kota Palembang, Inspektur Kota Palembang dan BPKAD Kota Palembang.

Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk melihat persentase pengakuan gender berdasarkan pengisian formulir evaluasi. Sehingga tim dapat memperoleh data yg lebih lengkap, komprehensif, dan objektif sebagai bahan penyusunan indeks persamaan gender sebagai dasar pertimbangan dalam menominasikan calon penerima APE.

Baca Juga :  Pemkot Palembang Dukung Penuh Pemasangan Jaringan Gas Bumi Untuk Rumah Tangga

Diluar hal tersebut, Anugrah Parahita Ekapraya merupakan penghargaan yang diberikan oleh kementerian kepada lembaga atau pemerintah daerah yang dinilai telah berkomitmen dalam pencapaian dan perwujudan kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan, dan perlindungan anak, serta memenuhi kebutuhan anak.

Penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi atas pengakuan dan komitmen dari peran para pimpinan kementerian/lembaga dan pemerintah daerah dalam mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender dengan Strategi PUG.

Setidaknya terdapat 7 kriteria inti serta 24 indikator dalam verifikasi evaluasi APE yang harus dipenuhi, diantaranya komitmen, tindakan, kelembagaan, sumber daya, data dan sistem informasi, metoda, peran serta masyarakat dan jejaring.

‚ÄúPemerintah Kota Palembang berharap persyaratan utama dan indikator-indikator evaluasi APE tersebut dapat dievaluasi dan dapat menjadi acuan dalam mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender yang terintegritas dan berkelanjutan dalam rangka mencapai Palembang Darussalam” Ungkap Wakil Walikota Palembang, Fitrianti Agustinda.

Finda juga menyampaikan bila pelaksanaan PUG akan difokuskan pada prioritas pembangunan daerah dan percepatan tujuan pembangunan berkelanjutan.

“Diharapkan jajaran Dinas-Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pemberdayaan Masyarakat (PPPAPM) untuk memahami strategi teknis pelaksanaan PUG, terkait dengan kegiatan-kegiatan yang berkontribusi pada pembangunan berkelanjutan di Kota Palembang.” Terangnya.

Baca Juga :  Jelang Idul Fitri, Pemkot Bagi Sembako Melalui Baznas

Selaras dengan wanita berplat merah BG 2 kota Palembang, Harrey Hadi Kepala Bappeda Litbang kota Palembang yang juga menjadi ketua Pokja PUG, mengungkapkan bahwa pemerintah kota Palembang optimis dapat meraih penghargaan tersebut, yang mana peraih penghargaan APE akan diumumkan pada bulan April atau Mei 2021 mendatang.

“Kita optimis mendapatkan penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya tahun ini, karena jika dilihat dari indeks pembangunan gender serta indeks pemberdayaan gender kota Palembang yang terus meningkat setiap tahunnya.” Tutupnya.

UMKM Kito - Solusi UMKM Go-Online

Komentar

Berita Lainya