oleh

Aliansi Mahasiswa Geruduk Kejari ; Usut Tuntas Dugaan Korupsi BPNT !

Oleh : | Editor : Noviani Dwi Putri
Dibaca :682 kali | Durasi baca : 2 Menit

SWARAID-PALEMBANG, (23/03/2021): Aliansi Mahasiswa Peduli Sumatera Selatan (AMPSS) geruduk Kejaksaan Negeri Palembang mendesak agar mengusut tuntas dugaan indikasi ketidaksesuian dan tindakan korupsi Dinas Sosial Kota Palembang terkait penyaluran program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

BPNT merupakan program nasional Kementerian Sosial, adalah bantuan sosial yang diberikan oleh pemerintah kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Dimana mekanismenya penyaluran BPNT setiap bulanya melalui rekening bank, kemudian dicairkan oleh Dinas Sosial untuk membeli bahan pangan yang telah ditentukan sebelumnya. Setelah itu, barulah bahan pangan tersebut dibagikan ke KPM.

Penyaluran BPNT dimaksudkan dapat membantu mengurangi beban KPM secara tepat sasaran dan tepat waktu. Akan tetapi seiring dengan berjalannya penyaluran BPNT di kota Palembang, terdapat temuan indikasi ketidak sesuaian besaran bantuan yang semestinya diterima dengan yang diterima oleh masyarakat.

Reja Anggara, Koordinator Aksi dari AMPSS menyebutkan bila beberapa massa aksi merupakan mahasiswa yang keluarganya menjadi salah satu korban dari ketidaksesuaian penerimaan BPNT di kota Palembang.

“Kami sudah beberapa kali mempertanyakan kepada warga yang memang seharusnya layak atau memang mendapatkan bantuan BPNT, namun kemudian banyak warga yang tidak mendapat meski dalam posisi kelayakannya ataupun posisi ekonominya itu sama, ini menjadi permasalahan di masyarakat.” Ungkapnya.

Baca Juga :  Fourpeo Cup "Physically Healthy" Masuki Babak Penyisihan Group A

Selain itu Reja Anggara juga mengemukakan bersama dengan Kejari palembang akan terus mengawal dan mengusut tuntas atas dugaan kasus tindakan korupsi di Dinas Sosial Kota Palembang.

“Kami akan sama-sama mengawal terkait apapun mekanisme yang dilakukan oleh Kejaksaan Negeri Palembang, kemudian juga kami mahasiswa harapannya Kejaksaan Negeri bisa menyelesaikan dan mengusut tuntas terkait permasalahan yang ada.”

Sementara itu Kepala Kejaksaan Negeri palembang Sugiyanta, SH., MH melalui Kepala Seksi Intelijen Kejari Palembang Budi Mulia, SH mengapresiasi atas laporan yang disampaikan oleh AMPSS, selain itu di ungkapkan hal ini sebagai bentuk kepercayaan mahasiswa dan masyarakat Palembang atas keberadaan kejaksaan negeri Palembang.

“Terimakasih, berarti Mahasiswa dan seluruh masyarakat kota Palembang masih percaya kepada Kejari Kota Palembang untuk menindak lanjuti segala hal dalam tindak pidana korupsi yang terjadi di kota Palembang, sudah tentu hal tersebut akan kami laksanakan tugas dan fungsi kami secara profesional maupun proporsional.”

Sementara itu, terkait desakan untuk mengusut dugaan tindakan korupsi Dinas Sosial Kota Palembang atas penyaluran BPNT yang tidak sesuai.

Baca Juga :  Terbesar di Indonesia ! Menpan RB Resmikan MPP Kota Palembang

“Akan segera kita tindak lanjuti atas laporan ini dengan mekanisme yang ada. Kita akan melakukan penelusuran apakah benar dugaan yang ada sekarang. Maka akan kita proses lebih lanjut.” Pungkasnya.

UMKM Kito - Solusi UMKM Go-Online

Komentar

Berita Lainya