oleh

15 Triliun Lebih Disiapkan Bagi Pelaku UMKM, BPUM Tahap 2 Mulai Dibagikan

Oleh : | Editor : Noviani Dwi Putri
Dibaca :265 kali | Durasi baca : 1 Menit

SWARAID-PALEMBANG,(31/07/2021): Presiden Joko Widodo  kembali meresmikan peluncuran Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM) tahap ke dua. Acara peluncuran BPUM tahap kedua ini dilakukan secara simbolis di depan Istana Merdeka dan disiarkan melalui kanal YouTube Sekretariat Negara (30/07/21).

Pemerintah telah menyiapkan Rp15.36 triliun bagi pelaku UMKM dalam program BPUM tahap kedua tersebut yang mana akan menyasar pada 12.8 juta pelaku usaha di seluruh Indonesia.

” Tahun 2021 yang akan dibagikan untuk banpres produktif usaha mikro adalah Rp 15.3 triliun yang dibagikan kepada 12.8 juta pelaku usaha mikro dan kecil yang ada di seluruh tanah air dan mulai dibagikan pada hari ini.” Terang Jokowi dalam kata sambutannya.

Sebelumnya, pemerintah Indonesia pada tahap pertama dalam program BPUM ini telah menyalurkan untuk dua periode sekaligus pada bulan Januari-Maret dan Mei-Juni, melansir dari halaman sosial media Menteri Koperasi dan UMKM di tahap pertama program BPUM, pemerintah menggelontorkan dana hingga Rp 11.76 triliun kepada pelaku usaha.

Rencananya, penyaluran BPUM tahap kedua ini akan dilakukan dalam tiga waktu, yang mana pada akhir Juli ini akan disalurkan ke 1.5 juta pelaku usaha mikro, dan selanjutnya Agustus sebanyak 1 juta pelaku usaha mikro, dan September penyaluran akan menyasar ke 500.000 pelaku usaha mikro.

Baca Juga :  Selain Pelarangan Plastik Sekali Pakai, Indonesia Juga Harus Lakukan Hal Ini !

Adapun bantuan BPUM ini diperuntukan bagi para pelaku usaha yang tidak sedang menerima bantuan Perkreditan Usaha Rakyat atau KUR dan belum menerima BPUM di tahap pertama.

Sama seperti sebelumnya, berikut cara mengecek status penerimaan program BPUM
– Cek e-form BRI di https://eform.bri.co.id/bpum
– Masukkan nomor identitas kependukan atau NIK yang tertera pada KTP
– Masukkan kode verifikasi
– Klik bagian “proses inquiry”
– Tunggu pemberitahuan apakan Anda terdaftar atau tidak sebagai penerima BPUM 2021
– Apabila terdaftar, pelaku usaha dapat langsung menghubungi kantor cabang BRI terdekat guna melengkapi data pencairan

Sementara itu apabila belum terdaftar, pelaku usaha dapat langsung mendaftarkan diri ke Dinas Koperasi dan UKM (kadinskop UKM) kota/kabupaten.

UMKM Kito - Solusi UMKM Go-Online

Komentar

Berita Lainya