oleh

Vaksinasi Lansia Hari ke Dua, Pencapaian Baru 20 Persen

Oleh : | Editor : Noviani Dwi Putri
Dibaca :660 kali | Durasi baca : 2 Menit

SWARAID-PALEMBANG, (15/02/2021): Membangun herd immunity atau kekebalan tubuh skala kelompok, pemerintah kota Palembang terkhusus Dinas Kesehatan Kota Palembang bekerjasama dengan RS. Siloam Sriwijaya Palembang melaksanakan vaksinasi covid masal untuk lansia. Giat yang dilaksanakan di lantai tiga Palembang Icon Mall ini, kini telah memasuki hari kedua.

Staf Walikota Palembang Bidang Ekonomi Pembangunan dan Investasi, dr. Letizia yang meninjau aktivitas pelaksanaan vaksinasi massal lansia ini menyebutkan Pemkot Palembang targetkan pencapaian terhadap herd immunity melalui vaksinasi masal lansia ini.

“Ya, dengan adanya vaksinasi secara masal kita akan segera mencapai herd immunity artinya akan adanya kekebalan kelompok,” kata Letizia, usai menghadiri penyuntikan vaksin lansia.

Di tempat yang sama, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kota Palembang, dr. Mirza Susanty S.pKKLP memaparkan capaian vaksinasi terhadap lansia hingga hari kedua pelaksanaan vaksinasi massal baru mencapai 20% dari pengalokasiannya sebanyak 53.200 vaksin yang ditargetkan rampung sampai bulan April mendatang.

“Target vaksinasi lansia, kita mendapatkan alokasi vaksin sebanyak 53.200. Sejauh ini kita sudah memvaksinasi 11.000 atau 20%. Targetnya sampai bulan April 2021,” ungkap Susanty.

Baca Juga :  Membludak! Walikota Imbau Masyarakat Bersabar Untuk Mendapatkan Vaksin

Tak hanya itu, dr. Mirza Susanty mengungkapkan bila hingga saat ini belum ada laporan kejadian bagi lansia atas kejadian ikutan pasca imunisasi (kipi).

“Saya berharap lansia-lansia yang lain ikut tergugah dan juga masyarakat tidak takut dengan vaksinasi,” harapannya.

Sementara itu, dr. Bona Fernando Direktur Utama RS. Siloam Sriwijaya Palembang, menyebutkan bila populasi lansia di kota Palembang terbilang cukup banyak, menurut keterangannya sekitar 600.000 lebih warga Palembang yang masuk kategori lansia.

Namun dikatakan dr. Bona Fernando, jumlah yang telah ikut vaksinasi Covid ini pada lansia masih sedikit, pasalnya masyarakat lansia yang masuk kedalam kategori rentan terhadap penyebaran virus covid-19 ini kesulitan dalam mengakses informasi terlebih terhadap sosialisasi yang berkenaan dengan vaksinasi massal pada lansia.

“Kita tahu populasi lansia di Palembang kan cukup banyak ya, setidaknya mencapai 600.000 orang, tapi kita lihat yang divaksin itu baru sedikit. Jadi kita berpikir bagaimana caranya bisa cepat, biar lansia ini bisa semua tervaksin, makanya kita adakan vaksinasi masal seperti ini.”

UMKM Kito - Solusi UMKM Go-Online

Komentar

Berita Lainya