oleh

Tuan Rumah PTQ Nasional, Herman Deru Buktikan Sumsel Sebagai Provinsi Religius

Oleh : | Editor : Noviani Dwi Putri
Dibaca :245 kali | Durasi baca : 2 Menit

SWARAID-PALEMBANG, (02/05/2021): Ditunjuknya Provinsi Sumatera Selatan (Sumel) sebagai tuan rumah Pekan Tilawatil Qur’an (PTQ) ke-51 Tingkat Nasional Tahun 2021 menjadi kebanggan tersendiri bagi provinsi ini. Karena menjadi bukti nyata bahwa Sumsel sebagai daerah religius yang terus berupaya menyeimbangkan antara  pembangunan fisik dengan pembangunan mental spiritual.

“PTQ Tingkat Nasional ini menjadi prestasi bagi Provinsi Sumatera Selatan. Harapan kita ke depan RRI dapat menjadi mitra bagi Pemprov Sumsel dalam  menyeimbangkan antara program pembangunan infrastruktur dan pembangunan mental spiritual,” ungkap Gubernur Herman Deru  saat mengawali sambutan pada  pembukaan PTQ Ke-51 Tingkat Nasional  di Provinsi Sumsel bertempat di Griya Agung, Sabtu (1/5) petang.

Menurut Herman Deru ada  yang berbeda dengan kegiatan  PTQ Nasional tahun 2021 dengan PTQ pada tahun-tahun sebelumnya. Karena PTQ kali ini digelar di tengah pandemi.

Meski demikian lanjut dia, tidak menyurutkan semangat peserta dari seluruh wilayah di Indonesia. Terbukti, meski masih dalam pandemi  PTQ yang berlangsung  tanggal 1 hingga 4 Mei tersebut tetap diminati ratusan peserta.

Baca Juga :  Pengukuhan 5 PJS Bupati Untuk Pilkada Serentak Di Sumsel

“Sumatera Selatan mendapatkan  kehormatan  jadi tuan rumah penyelenggaraan PTQ RRI tingkat Nasional ke-51. Acara ini sangat bergengsi dan  dinantikan oleh pencinta Al-Qur’an di seluruh wilayah Indonesia. Ini juga membuktikan Sumsel sebagai Provinsi yang  religius ,” tambahnya.

Herman Deru berharap,  melalui PTQ RRI, para qori dan qoriah dapat memberikan dorongan energi positif dalam mensukseskan program  Pemerintah Provinsi Sumsel “Satu Desa Satu Rumah Tahfidz”.

“Melalui ajang  PTQ ini, saya mengharapkan para qori dan qoriah akan dapat lebih menyuburkan lagi tumbuhnya rumah tahfidz di Sumsel. Saat ini 3500 rumah tahfidz sudah berdiri di desa-desa dalam 17 Kabupaten/kota di Sumsel. Penyebarannya kita harapkan akan lebih masif lagi,  qori-qoriah yang dihasilkan dari PTQ ini akan lebih menyemarakkan  penyebaran rumah tahfidz  di Sumsel,” tandasnya.

Sementara itu Direktur Utama (Dirut) Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (LPP RRI) M. Rohanuddin mengatakan, Provinsi Sumsel memang terpilih sebagai tuan rumah PTQ  ke-51 Tingkat Nasional tahun 2021. Dimana PTQ kali ini melibatkan  peserta 130 orang tilawah, 34 orang tausiyah, 34 tahfidz Al-Quran 15 juz.

Baca Juga :  HD Satu-Satunya Gubernur Penerima Penghargaan Pin Emas Kapolri

“PTQ ini sebenarnya embrio MTQ, karena jauh sebelum MTQ, RRI telah mengadakan lomba-lomba tilawah. Ide PTQ ini dilahirkan oleh para  tokoh-tokoh RRI dalam rangka syiar Islam. RRI mendukung paling depan untuk itu,” katanya.

Dia menilai, Provinsi Sumsel adalah pusat pertumbuhan Islam,  dimana PTQ hadir di sini untuk kebanggaan Republik Indonesia. Dia menyebut  pelaksanaan  PTQ berbeda dengan MTQ.  karena PTQ dilaksanakan pada saat bulan Ramadhan, yang filosofinya dari Nuzul Qur’an menjadi sangat penting dan menjadi acuan.

“Oleh karena itu tidak pernah PTQ itu dilaksanakan diluar Ramadhan, RRI lembaga yang mempunyai tanggung jawab besar untuk mencerdaskan anak bangsa, karena itu dalam kesempatan yang berharga ini Saya ucapkan terimakasih Bapak Gubernur,” tegasnya.

Dia juga mendoakan agar  kepemimpinan Gubernur Sumsel mendapat rahmat dari Allah SWT dalam memimpin Sumsel lebih maju.

“Izin pak Gubernur, PTQ RRI ini disiarkan 224 stasiun RRI di seluruh Indonesia,” pungkasnya.

Untuk diketahui,  PTQ RRI tahun 2021  mempertandingkan tiga jenis lomba, yakni  Tilawah, Tausiah dan Tahfidz Qur’an. Lomba ini diperuntukan bagi masyarakat umum berusia 17 hingga 30 tahun.

Baca Juga :  Peringati Hardiknas, Herman Deru Kukuhkan Forum Bursa Kerja Khusus SMK Sumsel 

Hadir dalam pembukaan PTQ RRI tingkat Nasional di Palembang kali ini. Anggota DPR RI Hj. Percha Leanpuri, B.Bus., M. BA, Dirjen Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam Kemenag RI Sekaligus Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Nasional Prof. Dr. H. PHIL. Komaruddin Amin, M.A serta Bupati/Walikota atau yang mewakili.

UMKM Kito - Solusi UMKM Go-Online

Komentar

Berita Lainya