Sabtu, 9 Oktober 2021 9:53 WIB

Rogoh 300 Juta Pondsterling, Pangeran Arab Saudi “Caplok” Newcastle United

Oleh : | Editor : Noviani Dwi Putri
Dibaca :90 kali | Durasi baca : 2 Menit

SWARAID-JAKARTA, (09/10/2021): Klub Liga Primer Inggris Newcastle United resmi diakuisisi oleh Public Investment Fund (PIF), Kamis (7/10/2021). PIF merupakan perusahaan pengelola keuangan publik milik pemerintah Arab Saudi.

PIF dipimpin oleh Pangeran sekaligus Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman. Akuisisi ini menandai berakhirnya 14 tahun kepemilikan pengusaha Inggris, Mike Ashley, di klub berjuluk The Magpies tersebut.

PIF dilaporkan mengucurkan dana sebesar 300 juta poundsterling atau sekitar Rp 5,6 triliun untuk mengambil alih kepemilikan Newcastle United. Kini, Mohammed bin Salman melalui PIF menguasai 80 persen saham Newcastle United. Dengan kepemilikan baru ini, Newcastle United bersiap menjadi salah satu penantang dalam perebutan titel Premier League.

Mengapa demikian? Karena dengan kucuran dana yang melimpah, Newcastle United bisa mendatangkan banyak pemain bintang yang berkualitas untuk memperkuat tim. Asumsi ini bukan tanpa alasan mengingat Manchester City kini telah bertransformasi menjadi salah satu klub terbaik di Liga Inggris setelah diambil alih oleh konsorsium asal Abu Dhabi. Rentetan gelar dan puluhan pemain bintang silih berganti datang ke klub berjuluk The Citizens itu.

Baca Juga :  Mahasiswa dan Buruh Bergerak! Sekitar 1200 Massa Long March Menuju Istana

Begitu juga dengan PSG yang kini tampil menjadi penguasa Liga Prancis dengan kumpulan pemain bintang setelah dimiliki oleh konsorsium asal Qatar. Mulai dari pemain asal Brasil Neymar hingga mega bintang asal Argentina Lionel Messi.

Berapa kekayaan Mohammed bin Salman?

Pemberitaan akuisisi Newcastle United oleh Mohammed bin Salman ramai diperbincangkan. Ini karena Newcastle United disebut-sebut akan menjadi klub kaya baru dengan sumber dana tak terbatas.

Lalu sebenarnya berapa kekayaan milik anak Raja Salman tersebut?

Dikutip dari berita Kompas.com Jumat (8/10/2021), laporan The Sun menyebutkan kekayaan bersih Mohammed bin Salman adalah sekitar 13 miliar poundsterling atau setara Rp 251 triliun.

Namun perlu diketahui jumlah tersebut adalah kekayaan Mohammed bin Salman sendiri, sedangkan keluarga Kerajaan Arab Saudi diyakini memiliki kekayaan sebesar 1,3 triliun poundsterling atau Rp 25.167 triliun!

Jumlah ini jauh lebih besar dibandingkan kekayaan bersih Keluarga Kerajaan Abu Dhabi diyakini sekitar 500 miliar poundsterling atau sekitar Rp 9.679 triliun.

Sementara itu The Independent menyebut jumlah kekayaan PIF mencapai 320 miliar poundsterling.

Baca Juga :  Renovasi Ruang Kerja Mendikbudristek 5 Miliar! Ini Tanggapan Ketua Wilayah LMND DKI

Jumlah ini lebih besar dari kekayaan Qatar Investment Authority yang memiliki PSG yang hanya mencapai 220 miliar poundsterling. Nilai ini menjadikan PIF sebagai pemilik klub sepak bola terkaya di dunia.

Dengan kekayaan sebanyak itu, PIF menginvestasikan kekayaannya ke 13 sektor yaitu konstruksi, finansial, hiburan dan olahraga, telekomunikasi dan IT, kedirgantaraan dan pertahanan, pertambangan, energi terbarukan, pangan dan agrikultur, kesehatan, retail, otomotif, transportasi dan logistik, serta real estate.

Profil singkat Mohammed bin Salman

Mohammed bin Salman lahir pada 31 Agustus 1985. Ia ditunjuk menjadi Putra Mahkota Arab Saudi pada tahun 2017. Sebelum ditunjuk menjadi Putra Mahkota, ia menjabat sebagai Menteri Pertahanan Arab Saudi.

Mohammed bin Salman, sering juga disebut sebagai MBS, adalah anak Raja Salman dari istri ketiganya Fahdah binti Falah bin Sultan. Sejak berusia muda, Mohammed bin Salman tertarik pada pemerintahan dan mengikuti jejak ayahnya sebagaimana dilansir Britannica.

Dia menyelesaikan studi di Universitas King Saud di Riyadh, Arab Saudi, pada 2007 dengan gelar sarjana hukum.

Baca Juga :  Menyibak Dugaan Kasus Korupsi Corporate Crime di BUMN; Peran Dewan Komisaris Vital

Sejak diangkat sebagai Putra Mahkota, Mohammed bin Salman menjadi figur yang sangat penting bagi pemerintahan Arab Saudi. Melansir Forbes, meski Raja Salman adalah Raja Arab Saudi, Mohammed bin Salman-lah yang secara de facto menguasai Arab Saudi.

Nama Mohammed bin Salman makin mencuat tatkala menginisiasi penawaran umum perdana (IPO) saham raksasa minyak Aramco di lantai bursa Tadawul, Arab Saudi.

Hingga akhirnya pada 2019, Aramco melantai di bursa Tadawul dengan meraup 25,6 miliar dollar AS.

Lewat serangkaian kebijakan yang ia ambil, Mohammed bin Salman sempat masuk dalam daftar Orang Berpengaruh di Dunia pada 2018 versi Forbes dan Pengubah Game Global pada 2017 versi Forbes juga.

Kini setelah resmi memiliki Newcastle United, menarik ditunggu apakah Mohammed bin Salman bisa memberi kejayaan bagi klub yang bermarkas di Stadion St. James Park tersebut. (kompas.com)

Dapatkan update berita setiap hari dari SWARA.ID.
Mari gabung di sosmed SWARAID OFFICIAL untuk informasi terkini lainnya: https://linktr.ee/swaraidofficial dan Grup Telegram SWARAID OFFICIAL, caranya klik link https://t.me/swaraidofficial, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Komentar

Berita Lainya