28 April 2023 - 02:01 WIB | Dibaca : 319 kali

Pimpin Apel Gabungan, Usmarwi Kaffah Ingatkan Waspada Potensi Bencana

Laporan : Febri
Editor : Noviani Dwi Putri

SWARAID, MUARA ENIM: Plt Bupati Muara Enim, Ahmad Usmarwi Kaffah menyampaikan arahannya di depan seluruh pegawai BPBD dan DPKP Kabupaten Muara Enim pada Apel Gabungan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kabupaten Muara Enim di halaman kantor BPBD Kabupaten Muara Enim, Kamis (27/4/23).

Dikatakan Usmarwi, Kabupaten Muara Enim merupakan salah satu Kabupaten yang luas di Provinsi Sumatra Selatan dengan dataran tinggi dan dataran rendah (sebagian lahan gambut), serta ada dua sungai besar Sungai Enim dan Sungai Lematang dengan kepadatan penduduk yang cukup tinggi

“Melihat hal tersebut tentu kita selaku pemerintah terutama kepada BPBD dan DPKP mempunyai tugas berat dalam menjamin keselamatan dan keamanan masyarakat baik dari bencana alam ataupun bencana non-alam,” ujarnya.

Terkait itu, Plt Bupati mengajak semua jajaran BPBD dan DPKP Kabupaten Muara Enim agar senantiasa meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi bencana, mengingat perubahan musim saat ini sangat cepat dan tidak mudah untuk diprediksi.

Baca Juga :  Pj Gubernur Agus Fatoni Bersama Menteri LHK Gelar Rapat Penanganan Karhutla di Kabupaten OKI  

“Jadi, kepada semua jajaran anggota BPBD dan DPKP Kabupaten Muara Enim harus mengutamakan sikap preventif (pencegahan) karena akan lebih baik jika bisa dicegah dari pada mengatasi kejadian yang sedang berlangsung tentu itu akan memakan lebih banyak energi dan segalanya,” kata Plt Bupati.

Ia juga menggaris bawahi agar semua peralatan penanggulangan bencana dan pemadam kebakaran harus dalam keadaan baik dan prima saat digunakan.

“Jangan sampai pada saat ada kejadian (bencana) baru diperiksa ataupun dipersiapkan, semuanya harus stanby harus siap dalam keadaan prima, karena keselamatan dan keamanan serta ketenteraman masyarakat adalah tolak ukur kita sebagai abdi negara dan abdi masyarakat,” tegas Kaffah.

Kemudian, Plt Bupati yang hadir bersama Sekda, Staf Ahli Bupati, dan beberapa Kepala Perangkat Daerah mengimbau agar seluruh anggota pemadam, penyelamatan dan penanggulangan bencana dapat terus berlatih.

“Jika perlu datangkan tenaga ahli supaya pada saat menangani bencana dapat semakin profesional dalam mengambil tindakan karena keselamatan diri sendiri dan masyarakat akan membuat semuanya menjadi lebih bermakna,” ungkapnya.

Baca Juga :  HNU Kunjungi Korban Kebakaran Rumah di Desa Tebat Agung

Sementara itu, salah satu anggota DPKP mengungkapkan rasa bahagianya bisa mendapat arahan langsung dari Plt Bupati Muara Enim. Pihaknya menegaskan akan memberikan pelayanan terbaik dan tulus kepada masyarakat karena keselamatan masyarakat adalah hal yang paling utama.

Komentar