oleh

Pemulihan Ekonomi Palembang Manfaatkan Lini investor

Oleh : | Editor : Noviani Dwi Putri
Dibaca :135 kali | Durasi baca : 2 Menit

SWARAID-PALEMBANG, (30/03/2021): Rancangan Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2021 akan berfokus pada pemulihan ekonomi. Keputusan ini didapat usai pelaksanaan musyawarah rencana pembangunan (Musrembang) Pemerintah Kota Palembang tahun 2021 yang dilangsungkan di rumah dinas Walikota Palembang.

Perekonomian merupakan sektor yang paling terdampak dari pandemi yang terjadi saat ini. Oleh sebab itulah, RKPD tahun 2021 ini terfokus pada pemulihan ekonomi.

Dimana, pada RKPD tahun 2021 Pemkot Palembang akan terus membuka pintu bagi investor guna membuka peluang kerja seluas-luasnya di kota Palembang. Hal ini dilakukan agar roda perekonomian di kota Palembang dapat terus berjalan di tengah situasi pandemi covid-19. Selain menggeliatkan perekonomian Palembang, tingkat kedisiplinan terhadap protokol kesehatan tetap menjadi fokus Pemerintah Kota Palembang serta 12 program pembangunan strategis Pemkot Palembang.

Walikota Palembang, Harnojoyo yang memimpin musrembang tersebut mengungkapkan dalam kondisi pandemi seperti saat ini, menghadirkan para investor dalam rangka memuluskan persiapan pembangunan strategis Pemkot Palembang.

“Karena terkait dengan APBD kota ini (Palembang) karena pandemi, masing-masing target banyak tidak tercapai, oleh karenanya pertumbuhan ekonomi sangat ditopang sekali oleh investor.” Sambungnya.

Baca Juga :  Kelurahan Kemang Manis Sosialisasikan Bank Sampah Dalam Rangka World Clean Up Day

Berikut beberapa diantaranya yang menjadi program strategis pembangunan kota Palembang tahun 2020-2023.
1. Restorasi Sungai Sekanak Lambidaro kota Palembang
2. Pembangunan flyover simpang Sekip
3. Pembangunan underpass simpang RSK. Charitas
4. Pembangunan embung konservasi 100 hektar di Tanjung Barangan, Kecamatan Gandus, Palembang
5. Pembangunan Jalan Lingkar Timur dari Jalan Nurdin Panji sampai ke Pelabuhan Boom Baru
6. Pembangunan perkuatan tebing/ Turang Sungai Musi
7. Pembangunan kaki jembatan Musi IV menuju Jalan Ahmad Yani
8. Pembangunan intake dan jaringan pipa transmisi air baku sistem di Kecamatan Gandus (tahap II dan III)
9. Pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum, (SPAM) Kecamatan Kalidoni
10. Pembangunan kawasan Pulau Kemaro

Dari beberapa program strategis tersebut tentu diungkapkan Harnojoyo memerlukan sinergitas baik dengan Pemprov Sumsel, maupun Pemerintah Pusat, baik dari tahapan perencanaan hingga tahapan pelaksanaan.

“Dengan memperluas kegiatan ekonomi produktif yang padat karya dan membuka akses lapangan kerja baru oleh pemerintah dan stakeholder lainnya untuk masyarakat miskin baru (misbar) Kota Palembang, dan pemberian insentif/stimulus bagi pelaku usaha dan masyarakat Kota Palembang.” Tutupnya.

Baca Juga :  Pelantikan Bujang Gadis Duta Protokol Kesehatan

Komentar

Berita Lainya