oleh

HUT PDAM Tirta Musi, RD Hadiahkan Tes Urine 618 Pegawai

Oleh : | Editor : Noviani Dwi Putri
Dibaca :135 kali | Durasi baca : 2 Menit

SWARAID-PALEMBANG (05/04/2021):  Di hari jadi PDAM Tirta Musi ke 45 tahun, Sekertaris Daerah Kota Palembang beri kado tes urine dadakan terhadap 618 pegawai di lingkungan PDAM Tirta Musi, Senin (05/04/21). Giat tersebut merupakan pelaksanaan intruksi Presiden nomor 2 tahun 2020 tentang aksi nasional Pemberantasan Pencegahan Penyalahgunaan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN).

Sekda kota Palembang Ratu Dewa, mengakui bila pelaksanaan tes urine dadakan ini dilakukan secara diam-diam dan rahasia, datang bersama dengan personil Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumatera Selatan. Pasca apel pagi, Ratu Dewa mengintruksikan seluruh peserta apel untuk tidak beranjak dari tempat.

“Jadi kebetulan kita kemas acaranya tadi dalam bentuk arahan apel dalam rangka hari ulang tahun PDAM Tirta Musi yang 45, dengan jumlah 618 karyawan. Setelah apel pagi, saya minta untuk diadakan tes urine seluruh karyawan tanpa terkecuali.” Ungkapnya.

Ratu Dewa mengungkapkan pada pelaksanaan rencana aksi nasional P4GN di lingkungan PDAM Tirta Musi diungkapkan terdapat 1 pegawai yang tidak hadir tanpa keterangan, serta beberapa juga yang tengah mengambil cuti.

Baca Juga :  Tanami Pisang dan Ubi, Rakyat Labi Labi Duduki Kantor Kanwil ATR BPN Sumatera Selatan

“Mulai dari Direktur Utama sampai para karyawan, cleaning service, security dan lain sebagainya harus clear, harus semuanya tes urine. Cuma ada yang satu tanpa keterangan, terus ada yang cuti, tapi mereka kita kasih jeda waktu jadwal yang sudah ditetapkan oleh BNNP.”

Tak hanya dilakukan di PDAM Tirta Musi, pelaksanaan tes urine dadakan juga Ratu Dewa lakukan di lingkungan Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Kota Palembang. Disaat pelaksanaan tes urine dadakan, Ratu Dewa menyebutkan bila pelaksanaan P4GN di lingkungan Dispora Palembang terdapat satu pejabat yang tidak hadir atau tidak berada di tempat saat pelaksanaan tes urine tersebut.

“Setelah itu saya langsung ke Dispora, saya minta pejabatnya juga harus clear, tadi ada satu pejabat yang tidak hadir, saya minta supaya dihadirkan tadi alasannya kendaraan dinasnya Mogok, tadi juga masih ada satu yang stafnya tidak hadir, dan ada beberapa lagi tapi sifatnya izin.” Terang Dewa kembali.

Meskipun demikian, pelaksanaan P4GN di lingkungan Pemkot Palembang diungkapkan Ratu Dewa yang telah di laksanakan di 4 OPD Pemkot Palembang, sudah terdapat beberapa yang terindikasi positif pengguna narkoba. Namun Ratu Dewa enggan berkomentar banyak soal hal tersebut, pasalnya perihal pengumuman OPD terkait yang terindikasi menggunakan narkoba berada di tangan Walikota Palembang yang juga sebagai Ketua Tim Terpadu P4GN.

Baca Juga :  Kecopetan Handphone di Pasar 16 Ilir, Pria Melapor ke Polrestabes

Selaras dengan yang disampaikan Sekda Palembang Ratu Dewa, Koordinator Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNNP Sumsel Ika Wahyu Ningsih ketika dijumpai SWARAID usai pelaksanaan sosialisasi P4GN di Grand Atyasa Palembang (31/03/21) membenarkan bahwa terdapat beberapa pegawai di lingkungan Pemkot Palembang yang terindikasi positif menggunakan narkoba.

“Jadi untuk hasil sudah ada, tapi ada beberapa yang kita bawa ke forensik, tapi paling tidak hasilnya kita serahkan kembali ke Walikota, ada yang positif.” Terang Ika Wahyuni Ningsih.

Komentar

Berita Lainya