7 Juni 2023 - 12:10 WIB | Dibaca : 392 kali

Herman Deru : Data Akurat BPS Jadi Navigasi Pemerintah dalam Menentukan Arah Kebijakan

Laporan : Tim Swara
Editor : Noviani Dwi Putri

SWARAID, PALEMBANG:  Begitu pentingnya peran data yang dibuat Badan Pusat Statistik (BPS) dalam penentukan kebijakan yang akan diambil oleh pemerintah. Bahkan data BPS  menjadi navigasi dalam  mencapai suksesnya pembangunan yang dilakukan pemerintah.

“Korelasi dengan BPS, tentu Saya menjalankan semua kebijakan ada navigatornya yaitu data,” kata Herman Deru pada Pengukuhan Kepala Badan Pusat Statistik Provinsi Sumsel, Mohammad Wahyu Yulianto di Auditorium Bina Praja Pemprov Sumsel, Rabu (7/6/23).

Herman Deru mengibaratkan data dari BPS sebagai dashboard kendaraan dimana ada berbagai  indikator  mulai urusan oli, filter udara, RPM, Speedometer, termasuk tombol-tombol yang punya kemanfaatan tertentu.

Karena itu, sukses tidak suskesnya pengemudi tentu tergantung indikator yang muncul begitu juga dengan data yang disajikan BPS.

“Artinya bagi kami peran BPS itu penting, agar sinergitas berjalan baik tentu butuh navigator yang akurat. Makanya kami butuh BPS ini,” terangnya.

Bahkan Herman Deru menyebut selama dirinya menjadi Bupati dua periode hingga menjabat sebagi Gubernur saat ini, peran BPS sangat membantu  dirinya menjalankan roda membangun di daerah.

Baca Juga :  Ironi Manusia Boneka Lampu Merah

“Saya 10 tahun menjadi Bupati OKU Timur dan sekarang menjadi Gubernur,  peran BPS itu sangat membantu  dalam membangun daerah,” tambahnya.

Data BPS lanjut Herman Deru  dapat digunakan untuk membaca kondisi terkini dalam menentukan kebijakan. Seperti stabilitas ekonomi dalam menjadikan Sumsel sebagai daerah pengendali inflasi  sangat sangat terbantu dengan  informasi yang diberikan BPS.

“Saya harap teruslah bersinergi dengan pemerintah dalam menentukan arah kebijakan selanjutnya,” tutupnya.

Sementara itu, Sekretaris Utama BPS RI, Atqo Mardiyanto menngucapkan terima kasih kepada Gubernur Herman Deru karena telah meluangkan waktu untuk mengukuhkan Kepala BPS Provinsi Sumsel yang baru.

“Kehadiran pak Gubernur, para OPD serta pejabat lainnya ini salah satu wujud dukungan bagi BPS. Bahkan ini juga menjadi semangat kami dalam menyajikan dan menyediakan data yang semakin berkualitas dan akurat dalam mendukung pembangunan Sumsel,” ungkapnya.

Dia menyebutkan tugas BPS sangat penting dan stretegis dalam menyajikan data yang kualitas dan strategis dalam merumuskan kebijakan. Oleh karena untuk mendapat data yang baik tentu perlu dukungan kuat dari pemerintah daerah, OPD dan masyarakat.

Baca Juga :  Bersama Ratusan Buruh, Front Perjuangan Buruh Sumsel Geruduk Kantor Gubernur

“Alhamdulillah menurut informasi yang Saya terima antara BPS Sumsel bersama Pemerintah daerah Sumsel sudah berjalan baik. Salah satunya seperti program Regsosek beberapa waktu lalu telah mendalat dukungan penuh sehingga dapat berjalan lancar dan sukses,” pungkasnya.

Komentar