oleh

Cuaca Ekstrem, Tetap Fit dan Waspada DBD !

Oleh : | Editor : Noviani Dwi Putri
Dibaca :161 kali | Durasi baca : 1 Menit

SWARAID-PALEMBANG, (29/01/2021): Cuaca ekstrem belakangan ini sangat di khawatirkan berdampak kepada masyarakat, terutama terhadap ketahanan tubuh. Begitu penting menjaga pola hidup sehat dengan menjaga gizi asupan. Mengonsumsi buah-buahan dan tetap dapat beraktivitas seperti olahraga di dalam rumah bila cuaca di luar tidak memungkinkan.

Seperti yang dijelaskan dr. Mirza Susanty S.p KKLP Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kota Palembang menyampaikan tiga hal penting yang perlu dilakukan untuk menjaga ketahanan tubuh saat kondisi cuaca ekstrem seperti yang terjadi saat ini.

“Ada tiga hal yang dapat masyarakat perhatikan agar tetap fit beraktivitas saat cuaca ekstrem seperti saat ini. Yang pertama makan makanan bergizi dan seimbang, kedua istirahat yg cukup dan yang ketiga usahakan berjemur dibawah sinar matahari secara teratur saat cuaca cerah.” Terangnya.

Selain itu, intensitas hujan yang cukup sering terjadi di kota Palembang, ini berdampak banyak genangan air yang timbul yang sewaktu waktu bisa menjadi sarang bagi nyamuk demam berdarah (Aedes aegypty) berkembang biak, oleh karena itu dr. Mirza menyarankan pula untuk masyarakat selalu menerapkan 3m. Serta menyarankan untuk memelihara ikan pemakan jentik nyamuk atau menebar larvasida pada kolam atau bak mandi.

Baca Juga :  Pelebaran Jalan Parameswara Ditunda, Harrey : Prioritas Drainase Dulu !

“Cegah maraknya Demam Berdarah Dengue (DBD) dengan gerakan 3M plus yaitu menguras tempat penampungan yang tidak digunakan, menutup tmp penampungan atau Mengubur barang barang bekas, mendaur ulang barang barang bekas.” Ujar dr. Mirza.

“Serta untuk plusnya, memeliharanya ikan pemakan jentik nyamuk, menebarkan larvasida, memasang kawat kaca kelambu, menggunakan obat anti nyamuk, gotong royong membersihkan lingkungan, menanam tanaman pengusir nyamuk.”

 

 

Komentar

Berita Lainya